Pemanfaatan Media Digital untuk Bisnis Paling Tepat

Digital marketing di era seperti sekarang ini dianggap sebagai salah satu langkah yang paling tepat untuk bisnis. Salah satu wujud digital marketing adalah pemanfaatan media digital untuk bisnis baik itu yang berskala besar, maupun bisnis berskala kecil.

Sebenarnya pemanfaatan media digital untuk bisnis bukanlah sebuah hal yang baru di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya jenis media digital marketing yang mulai ramai pemanfaatannya.

pemanfaatan media digital

Perjalanan Penggunaan Media Digital bagi Bisnis di Indonesia

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa media digital untuk bisnis di Indonesia ini bukan sebuah hal yang baru. Meskipun bisa dikatakan kalau di Indonesia ini masih masuk masa peralihan untuk sepenuhnya memanfaatkan media digital ini.

Hanya saja sudah banyak jenis media digital yang mulai digunakan meskipun belum sepenuhnya, dan masih berdampingan dengan yang cara lama. Hal ini biasa terjadi, apalagi Indonesia sendiri belum memiliki banyak fasilitas yang memadai untuk penggunaan media digital secara keseluruhan.

Penggunaan media digital di Indonesia ini bisa dikatakan dimulai pada awal tahun 2010-an, saat itu adalah saat dimana media sosial facebook mendapat banyak perhatian. Dimulai dari situlah akhirnya banyak yang memanfaatkan media digital dalam dunia bisnis.

Media Digital yang Tepat untuk Bisnis

media digital untuk bisnis

Mungkin banyak yang ingin mencoba untuk menggunakan media digital dalam melaksanakan bisnisnya, hanya saja masih banyak yang belum mengetahui media apa yang tepat untuk bisnis. Karena itu di sini akan diberikan beberapa saran dengan keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing.

1. Menggunakan Marketplace

Contoh media digital pertama yang bisa dimanfaatkan dalam memulai bisnis adalah marketplace. Media digital ini sangat cocok apabila ingin mencari tempat untuk menjual suatu barang ataupun produk, atau bahkan menawarkan jasa yang dimiliki.

Dengan menggunakan media digital marketplace ini, pengusaha tidak perlu repot untuk membuat websitenya sendiri. Jadi di sini hanya tinggal membuka kios secara online di web yang sudah disediakan dan penjual sudah bisa menjual beragam barang yang dimiliki.

Kelebihan yang dimiliki oleh media digital ini sangat banyak, dimulai dari fitur yang sudah lengkap, optimasi, dan juga mudah digunakan. Jadi bagi penjual yang baru ingin membuka usaha, bisa dengan mudah melakukannya karena dibantu oleh marketplace.

Selain itu juga meskipun sudah memiliki beragam kelebihan dengan banyaknya fasilitas menarik yang ditawarkan, marketplace ini bisa digunakan dengan gratis. Hanya saja kompetisi antar penjual di marketplace ini sangat besar karena sudah banyak toko yang menjual produk serupa di dalamnya.

2. Sosial Media

Selanjutnya adalah sosial media yang merupakan contoh media digital marketing yang paling mudah untuk dimanfaatkan. Bahkan oleh pemula sekalipun, media sosial bisa menjadi sarana yang tepat untuk melakukan pemasaran ataupun membuat sebuah bisnis.

Apalagi media sosial di Indonesia ini sangat banyak jenisnya seperti facebook, twitter, instagram, dan bahkan wa bisa dimanfaatkan. Salah satu kunci sukses apabila menggunakan media digital yang satu ini adalah selalu update, supaya konsumen bisa terus mengetahui kabar terbaru.

Sama seperti marketplace sosial media ini merupakan media digital yang sangat mudah untuk digunakan, dan bahkan tidak jarang banyak yang menjadikannya sebagai toko online. Sosial media ini juga bisa dimanfaatkan sebagai hiburan, karena sangat menghibur saat digunakan.

Hanya saja memang tidak semua konten bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga pemilik usaha harus berhati-hati. Karena itu biasanya membutuhkan ahli pengelola konten supaya bisa membangun akun instagram bisnis yang baik.

3. Blog

Mungkin memang tidak banyak yang menggunakan media digital ini, tapi blog masih bisa dijadikan sebuah pilihan. Apalagi kalau usaha yang dibangun masih dalam skala kecil-kecilan, maka blog bisa dipilih.

Karena dengan blog ini seseorang bisa menyimpan dan mendesain blognya seperti sebuah toko online dengan beragam penawaran katalog menarik yang dimiliki oleh usahanya. Apalagi pembuatan blog juga bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan.

Blog juga menawarkan banyak kelebihan, dan salah satunya yakni menawarkan penghasilan tambahan apabila mengaktifkan fitur iklan. Jadi nantinya pemilik bisa mendapatkan PPC atau pay per click, dimana pemilik blog akan mendapatkan uang atau pemasukkan dari setiap iklan yang sudah diklik.

Pengembangan blog juga tidak terlalu memakan banyak waktu dan biaya, oleh karena itu sangat cocok untuk dicoba oleh pebisnis berskala kecil. Hanya saja memang blog ini sudah mulai banyak ditinggalkan sehingga mungkin sudah jarang yang melihatnya.

4. Website

Kalau ingin membangun sebuah bisnis yang terlihat lebih profesional dengan media digital, maka website merupakan salah satu pilihan terbaik. Website ini sangat cocok bagi perusahaan yang mulai melakukan perubahan dari bisnisnya yang biasa dilakukan secara offline menjadi online.

Dengan menggunakan website ini maka bisa menaikkan trust, dan juga brand awareness yang dimiliki oleh produk dan juga usaha yang dimiliki. Website juga bisa membuat bisnis menjadi tampak lebih profesional dan tentunya bisa tersusun secara rapih.

Website juga menawarkan berbagai fasilitas seperti SEM, SEO, dan juga sosial media Ads, selain web juga bisa diatur dengan bebas oleh pemiliknya. Jadi pemilik web memiliki otoritas penuh untuk mengatur seperti apa tampilan yang diinginkannya sesuai dengan selera.

Di website juga pengusaha bisa membangun sebuah hubungan yang berskala panjang dengan customer yang dimilikinya. Hanya saja memang biaya untuk membuat website ini sedikit mahal, dan belum lagi untuk biaya mengurusnya.

5. Email

Bisa dikatakan bahwa email merupakan media digital komunikasi yang sifatnya long lasting karena sampai sekarang email ini masih digunakan. Meskipun sudah ada media komunikasi lain seperti wa, namun email masih memiliki penggemarnya sendiri.

Karena itu banyak yang menyarankan untuk memanfaatkan email sebagai media digital untuk bisnis, sebab memang tidak ada alasan untuk tidak menggunakan email. Penggunaan ini bukan sebagai media utama, melainkan sebagai media pelengkap saja.

Misalkan ingin mengirimkan sebuah informasi baru yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan, ataupun promosi terbaru maka email bisa menjadi media yang sangat tepat. Apalagi email ini bisa dimanfaatkan dengan mudah, praktis, serta sangat murah.

Hanya saja memang email ini mungkin tidak terlalu sering diakses jika dibandingkan dengan media lainnya. Tapi ingat, bahwa email ini hanya berperan sebagai media pelengkap saja jadi itu bukanlah sebuah hal besar.

6. Memakai Aplikasi Mobile

Apabila ingin memberikan kecepatan dan juga kemudahan yang sangat didambakan oleh konsumen, maka aplikasi mobile atau aplikasi untuk handphone merupakan sebuah hal yang tepat. Apalagi memang pengguna handphone di Indonesia sangatlah banyak.

Salah satu contoh aplikasi mobile yang sangat tepat sebagai media digital untuk berbisnis adalah ojek online, dan juga layanan berbelanja. Kedua aplikasi ini menghadirkan kemudahan yang sangat terasa bagi pengguna dan konsumennya.

Jadi tidak heran jika tingkat repeat pengguna yang dimiliki oleh aplikasi mobile ini sangat tinggi. Belum lagi kalau aplikasi memiliki tampilan menarik, tentunya membuat pelanggan menjadi betah saat mengaksesnya.

Hanya saja memang untuk membuat aplikasi ini perlu diperhatikan biaya yang digunakan sebab cukup mahal, belum lagi biaya untuk merawatnya. Aplikasi mobile ini juga memerlukan biaya promosi yang lumayan besar.

Jadi kalau melihat beberapa rekomendasi media digital untuk bisnis di atas, tentunya harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Karena seperti yang dikatakan sebelumnya kalau semua media digital itu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. 

Artikel Terkait: Pembahasan Bisnis Digital

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Pemanfaatan Media Digital untuk Bisnis Paling Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel