Prinsip Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing

Perkembangan teknologi yang semakin besar membuat banyak hal yang tadinya dilakukan secara offline menjadi online, salah satunya adalah kegiatan pemasaran atau marketing. Pemanfaatan ini sering disebut sebagai teknologi digital marketing.

teknologi digital marketing

Mengenal Teknologi Digital Marketing

Sebenarnya konsep digital marketing ini sudah sering digaungkan, hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Hal pertama yang perlu dipahami dalam digital marketing ini adalah pemanfaatan teknologi yang maksimal.

Tentunya pemanfaatan teknologi ini meliputi semua platform yang sering digunakan untuk bisa menarik perhatian pelanggan seperti media sosial, iklan, email, dan masih banyak lagi. Selain itu teknologi juga membantu dalam proses memaksimalisasi seluruh saluran digital yang digunakan.

Baca Juga: Bisnis Digital

Memanfaatkan Teknologi dalam Kegiatan Marketing

Penggunaan yang optimal dalam teknologi tentunya memberikan manfaat digital marketing yang lebih besar. Berikut ini adalah fungsi umum dalam penggunaan teknologi di digital marketing, diantaranya.

Penggunaan Teknologi untuk Media Sosial

Pertama adalah memanfaatkan teknologi untuk digital marketing dalam hal media sosial. Pemanfaatan media sosial ini tentunya harus dilakukan dengan optimal karena dianggap sebagai platform digital paling terkenal sekarang ini.

Dengan media sosial pengusaha bisa membangun brand awareness, melakukan pemasaran produk sampai mendorong engagement dengan konsumennya. Teknologi di sini bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengontrolan terhadap media sosial.

Teknologi untuk Mengelola Iklan

Tidak bisa dipungkiri kalau iklan masih menjadi salah satu media yang tepat untuk melakukan pemasaran dikarenakan keefektifan yang dimilikinya. Untuk mengelola iklan, teknologi dianggap sebagai alat yang paling efektif dan juga efisien.

Teknologi bisa membantu seseorang dalam menganilis apakah iklannya sudah sesuai target atau belum, dan apakah sudah meraih target sesuai yang diinginkan. Selain itu teknologi juga bisa menganalisis iklan yang dikeluarkan oleh competitor.

Teknologi Pendukung SEO

SEO itu merupakan salah satu sarana digital marketing yang paling efektif dan efisien sekaligus yang paling kompleks. Untuk itu teknologi digunakan supaya pemanfaatan SEO lebih mudah, dan lebih ramah untuk digunakan.

Misalnya saja untuk mendukung proses SEO dan menguraikan algoritmanya yang rumit ada beberapa platform yang bisa digunakan, dan hanya bisa diakses dengan menggunakan teknologi. Sehingga pemanfaatan SEO ini bisa lebih optimal.

Membantu Kegiatan Monitoring

Kalau semua sudah dijalankan tentunya dibutuhkan pengawasan untuk memastikan apakah semua kegiatan digital marketing tersebut sudah lancar atau belum. Dalam memantau kegiatan monitoring ini dibutuhkan teknologi untuk mendukungnya.

Misalnya saja memantau kinerja website yang dimiliki, maka salah satu pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan adalah google analytics. Jadi di sini peran teknologi untuk membantu memudahkan kegiatan monitoring semua digital platform yang digunakan dengan lebih cepat, dan efektif.

Mendukung Monitoring Email

Email juga masih menjadi salah satu platform digital yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing. Tentunya dengan teknologi kegiatan mengoperasikan email menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Misalnya saja kegiatan untuk membuat kategori penerima email berdasarkan target audiens yang ingin dicapai sekarang sudah bisa dilakukan secara otomatis. Tanpa harus disortir secara manual, sekarang sudah ada platform yang membantu kegiatan tersebut.

Jenis Jenis Digital Marketing

Terakhir adalah pembahasan seputar jenis digital marketing yang ada disekitar, dan bisa dimanfaatkan dengan baik yang diantaranya.

  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Email marketing
  • Affiliate marketing
  • SEO (Search Engine Optimization) Marketing
  • Pay per clik (PPC)
  • Instant Message Marketing

Bisa dilihat dari semua contoh yang disebutkan di atas, semuanya tentu membutuhkan bantuan teknologi supaya pemanfaatannya lebih optimal. Jadi tidak heran kalau sekarang ini penggunaan teknologi digital marketing sangatlah penting.

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Prinsip Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel