Langkah dan Hasil Pengukuran Digital Marketing

Memulia bisnis secara digital, kita harus mengetahui bagaimana langkah pengukuran dan hasilnya. Simak artikel berikut ini.

    Penggunaan digital marketing yang semakin masif membuatnya harus selalu diukur untuk mengetahui bagaimana perkembangannya. Tentunya untuk melakukan pengukuran digital marketing dibutuhkan sebuah dasar sebagai acuannya.

    Jadi di sini akan dibahas tentang dasar dari pengukuran tersebut, dan juga hasil pengukuran digital marketing yang berisikan tentang kegiatan masyarakat dalam melakukan kegiatan ini.

    pengukuran digital marketing

    Dasar Pengukuran Digital Marketing

    Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dalam mengukur kinerja digital marketing dibutuhkan sebuah dasar, dan salah satu dasarnya adalah mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini adalah dasar pengukuran digital marketing yang wajib diketahui.

    Menentukan KPI

    Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sebelum melakukan pengukuran ini penting untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Setelah sudah mengetahuinya, maka selanjutnya adalah mengukur apakah tujuan tersebut sudah efektif.

    Tentunya pengukuran efektivitas tujuan ini dilakukan dengan konteks dari masing-masing saluran digital. Di sini yang bisa dilakukan dan penting untuk diperhatikan adalah KPI atau (key performance indicator) yang dihubungkan dengan konteks tujuan.

    Misalnya saja pada iklan digital, kalau tujuan awalnya adalah awareness maka impressions bisa digunakan sebagai KPI. Sebaliknya jika yng ingin ditingkatkan adalah consideration, maka clicks bisa digunakan.

    Menetapkan Target

    Setelah menetapkan apa yang ingin dicapai dan dioptimalkan dalam KPI, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan target. Target apa yang ingin dicapai dari digital marketing ini, apakah brand awareness atau engagement.

    Target yang ingin dicapai haruslah terlebih dahulu mempertimbangkan kondisi perusahaan yang ada saat ini. Kondisi perusahaan ini haruslah dilihat berdasarkan data historis dan target bisnis sendiri yang dimiliki oleh perusahaan.

    Tentunya berbeda target yang ingin dicapai, berbeda juga jalan yang harus ditempuh untuk bisa mencapai target tersebut. Karena itu tidak bisa sembarangan dilakukan, dan target harus ditentukan dengan baik dan melalui riset.

    Metode Pengukuran

    Selanjutnya adalah metode pengukuran yang bisa digunakan untuk mengukur digital marketing yang sudah dilakukan. Umumnya metode pengukuran ini ada dua jenis, yakni melalui data internal dan juga dari data eksternal.

    Tentunya pengukuran dengan data internal memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi, namun bukan berarti data eksternal tidak dibutuhkan. Justru data eksternal bisa digunakan sebagai pendamping hasil digital marketing dengan lawan.

    Dalam pelaksanaannya ini dalam mengukur digital marketing haruslah dilakukan tetap dengan cara adaptif. Dengan begitu pengukuran ini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan juga lebih cepat, sehingga tidak membuang waktu.

    Baca Juga: Pembahasan Lengkap Seputar Bisnis Digital

    Hasil Pengukuran Digital Marketing

    Berikut ini adalah data penilaian kinerja digital marketing yang didasarkan pada penggunaan alat, dan kinerja yang dilakukan. Misalnya saja apakah digital marketing itu sudah dilakukan dengan cara otomatis, ataupun masih manual dengan menggunakan tools.

    Berikut ini adalah hasil dari pengukuran tersebut, diantaranya.

    • Sebanyak 52% koresponden masih melakukan digital marketing secara manual dengan tools (Google analytics, FB/IG analytics, dll)
    • 37% koresponden manual tanpa tools
    • 9% koresponden sudah melakukannya secara otomatis
    • 2% lainnya

    Tolak Ukur Utama yang Ingin Dicapai

    Sebelumnya sudah disinggung bahwa efektivitas digital marketing dimulai dari menentukan tujuan. Berikut ini adalah tiga tujuan utama yang ingin dicapai oleh masyarakat dalam melakukan digital marketing, diantaranya.

    Penjualan

    Pertama adalah penjualan yang ingin dicapai oleh sebanyak 49% koresponden, dan menjadi tujuan utama yang dingin dicapai oleh masyarakat.

    Impresi

    Ternyata masih banyak juga orang yang memanfaatkan digital marketing dengan tujuan untuk meningkatkan impresi brand yang dimilikinya. Sehingga tidak heran jika impresi menempati posisi kedua dengan jumlah 21%.

    Traffic Website

    Terakhir adalah traffic website yang berada di posisi ke-3 sebanyak 15%.

    Itulah tadi pembahasan tentang pengukuran digital marketing dimulai dari caranya, sampai hasil pengukuran yang dilakukan lembaga survey.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel