Mengenal Lebih Jauh Jurusan Bisnis Digital di Indonesia

Sekarang ini industri 4.0 sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat, karena itu tidak heran jika semuanya berbasis digital salah satunya adalah bisnis. Untuk bisa mengejar inovasi tersebut akhirnya munculah jurusan bisnis digital di Indonesia.

Tujuannya tentu untuk memastikan rakyat Indonesia tidak ketinggalan dengan jaman, dan bisa mengikuti semua pembaharuan digital yang ada.

jurusan bisnis digital di indonesia

Hal yang Dipelajari di Jurusan Bisnis Digital

Mungkin masih banyak yang penasaran hal apa saja yang dipelajari dalam jurusan bisnis digital di Indonesia. Jadi hal yang dipelajari adalah manajemen dan bisnis, namun kemudian dipadukan dengan dunia digital seperti pemrograman, ilmu komputer, dan sebagainya.

Nantinya di sini mahasiswa juga harus memahami tentang jenis bisnis digital seperti manajemen media sosial, fintech industry, dan juga E-Commerce. Dengan begitu mahasiswa bisa menjalankan bisnis yang sesuai dengan era industri 4.0 yang serba digital.

Jurusan Bisnis Digital di Indonesia

Bagi yang berminat dan tertarik untuk masuk ke dalam jurusan ini berikut ini adalah daftar universitas swasta dan universitas negeri yang ada jurusan bisnis digital yang bisa dicoba.

1. Universitas Padjajaran

Pertama adalah UNPAD yang merupakan pelopor dalam melaksanakan jurusan bisnis digital diantara kampus yang lainnya. Pertama kali dibuka pada tahun 2018 dan sekarang ini memiliki tingkat ketetatan yang lumayan tinggi yakni 1:40.

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Tidak lama setelahnya UPI menyusul dengan ikut mengadakan jurusan ini di universitasnya. Nantinya mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana melakukan bisnis di era digital, dan juga ada tambahan bahasa.

3. Universitas Negeri Jakarta

UNJ juga tidak mau ketinggalan dalam mengadakan jurusan ini, dan perlu diketahui bahwa jurusan ini masuk dalam Fakultas Ekonomi (FE). Di tahun 2021 ini ada dua program yang ditawarkan yaitu merdeka belajar, dan juga regular.

4. Universitas Diponegoro

Melihat beratnya persaingan bisnis di era digital akhirnya UNDIP memutuskan untuk mengeluarkan jurusan ini. Terhitung sudah dari tahun 2019 universitas ini menyelenggarakan jurusan bisnis digital.

5. Universitas Negeri Medan

Selain bisnis digital, universitas ini juga mengeluarkan prodi lainnya yakni kewirausahaan. Tujuan utama dari bisnis digital ini adalah menghadapi tantangan di era industri 4.0.

6. Universitas Negeri Makassar

Jurusan bisnis digital UNM menjadi salah satu jurusan bisnis yang paling populer, bahkan tingkat ketetatan yang dimilikinya hampir menyaingi manajemen bisnis. Hal ini dikarenakan peminat jurusan ini sangat tinggi.

7. Universitas Katolik Parahyangan

Di universitas ini menekankan tentang bagaimana cara pengelolaan bisnis secara digital dan tidak hanya seputar mengelola aplikasi saja. Dengan begitu mahasiswa bisa mulai melakukan analisa, dan memiliki tingkat berpikir yang lebih tinggi dan kritis.

8. Universitas Bali Internasional

Di sini mahasiswa akan diajarkan tentang bagaimana caranya menjadi pengusaha dalam bidang start-up, melakukan analisis terhadap data bisnis, dan juga menjadi professional di dalam digital bisnis.

9. Universitas Garut

Merupakan jurusan baru di dalam universitas ini, dan memiliki tujuan untuk menciptakan mahasiswa yang mampu mengoperasikan bisnis di era digital.

10. Masoem University

Universitas swasta pertama yang ada di Bandung yang menyelenggarakan bisnis digital. Di sini mahasiswa akan diajarkan untuk memperdalam manajemen bisnis, dan juga ilmu komputer seperti basic coding dan juga cara membangun sebuah website.

Prospek Lulusan Jurusan Bisnis Digital

Bagi yang masih penasaran tentang bagaimana prospek dari jurusan ini, dan jurusan bisnis digital kerja apa berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

  • Untuk prospeknya sendiri jurusan ini sangat cerah mengingat dunia digital sekarang sudah merambah kesegala sisi termasuk bisnis.
  • Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan diantaranya dibidang keuangan, manajement, start-up, perbankan, dan masih banyak lagi.

Jadi kalau melihat prospek yang ada, jangan ragu untuk mulai mencoba jurusan bisnis digital di Indonesia yang ada.

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Jurusan Bisnis Digital di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel