Berkenalan dengan Digital Funnel Sebagai Kunci Sukses Usaha di Masa Kini

Digital marketing sekarang ini dianggap sebagai langkah yang sesuai dalam memasarkan produknya di era digital. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah membuat saluran digital atau digital funnel dan juga saluran marketing (marketing funnel).

digital funnel

Mengenal Digital Funnel

Tentunya sudah banyak orang yang mengenal apa itu funnel hanya saja belum yang mengetahui apa itu digital ataupun marketing funnel. Jadi ini merupakan sebuah channel, dan bisa dikatakan ini merupakan bentuk lain dari customer journey.

Jadi keduanya sama-sama menjelaskan proses tentang seseorang dari yang tidak mengenal brand, mengenal, menimbang-menimbang, melakukan pembelian, melakukan review, sampai akhirnya memutuskan untuk menjadi pelanggan setia.

Secara visualisasi proses dari tahapan ini memiliki bentuk seperti corong, jadi awalnya banyak yang ikut berpartisipasi. Namun kemudian ukurannya semakin mengecil dan hal itu diibaratkan dengan orang yang berpartisipasi dari awal sampai akhir.

Salah Satu Kunci Sukses Bisnis Di Masa Kini

Teknik funnel adalah salah satu hal yang dianggap bisa menjadi kunci kesuksesan sebuah usaha di masa kini. Karena dari teknik ini pemilik usaha bisa mengetahui bagaimana tahapan yang dilalui oleh seseorang dari yang tadinya tidak tahu tentang brandnya kemudian memutuskan untuk membeli.

Bahkan pada beberapa kasus, seseorang tersebut bisa menjadi pelanggan setia. Dari semua langkah tersebut pengusaha bisa mengukur mana kiranya hal yang disukai oleh konsumennya, dan mana yang tidak.

Nantinya hal yang tidak disukai bisa dilakukan evaluasi dan kemudian diperbaiki, sementara yang sudah disukai bisa dikembangkan. Sehingga hasilnya bisa lebih optimal lagi dan dapat menarik pelanggan dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Pembahasan Tentang Bisnis Digital

Tahapan Digital Funnel

Banyak yang mengira bahwa tahapan dari digital atau marketing funnel ini panjang. Padahal sebenarnya tahapan marketing funnel ini bisa dibagi hanya menjadi tiga poin utama saja yaitu tahap pengenalan, penimbangan, dan kemudian tahap eksekusi.

Tahap Awareness

Pada tahap awal ini adalah tahap yang penting yaitu mengenalkan calon konsumen kepada brand yang dimilikinya. Biasanya tahap ini terjadi karena tidak disengaja, seperti konsumen yang melihat papan iklan, ataupun mendengarnya dari televisi.

Bisa dibilang ini adalah tahap yang cukup sulit, karena jika salah sedikit saja dalam mengiklankan maka kemungkinan besar konsumen menjadi tidak tertarik dengan produk yang dimiliki. Karena itu diperlukan langkah yang benar-benar taktis di tahap awal ini.

Tahap Consideration

Selanjutnya setelah melihat iklan yang menurutnya menarik, maka konsumen akan mulai melihat dan mengenali tentang kecocokan yang dimilikinya dengan brand tersebut. Pada tahapan ini diwajarkan bagi sebuah brand untuk melakukan ajang “pamer”.

Jadi menawarkan semua kelebihan yang dimilikinya, tapi ingat jangan berlebihan dan lakukan semuanya dalam batas wajar saja. Karena kalau terlalu berlebihan dikhawatirkan justru bisa membuat konsumen menjadi ilfeel dan justru tidak bisa berlanjut ke tahap selanjutnya.

Tahap Conversion

Ini merupakan tahap akhir dan menjadi tahap yang sangat ditunggu-tunggu oleh pemilik brand. Karena pada tahap inilah konsumen yang tadinya masih calon, sudah siap untuk menjadi konsumen dan tentunya melakukan transaksi.

Tentunya bentuk konversi ini macam-macam bisa berupa bentuk ataupun jasa, hal itu diseuaikan dengan jenis bisnisnya. Perlu diketahui juga kalau proses ini sangat membutuhkan waktu jadi diharapkan brand untuk bisa sabar sampai akhirnya konsumen bisa memutuskan

Jadi sesuai yang dikatakan sebelumnya bahwa sebenarnya tahapan dari marketing atau digital funnel ini tidak terlalu panjang. Karena hanya ada tiga inti tahapan saja yang harus dilakukan.

Meskipun begitu pastikan untuk benar-benar mempertahikan semua tahapan yang dilakukan. Karena kalau ada yang gagal satu saja, maka tahapan digital funnel selanjutnya tidak akan berjalan dengan baik.

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Berkenalan dengan Digital Funnel Sebagai Kunci Sukses Usaha di Masa Kini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel