Bisnis Model Canvas Template dan Website untuk Membuatnya

Bisnis model canvas template dapat memetakan model bisnis yang hendak kita ambil. Jadi pahamilah dengan betul supaya kedepannya mudah.

    Bisnis memiliki banyak sekali jenisnya, dan salah satu yang paling terbaru adalah bisnis model canvas. Bisnis ini dinilai efektif dalam memasarkan barang, karena itu banyak yang mencari bisnis model canvas template.

    Fungsi dari template tersebut tentunya untuk memberikan gambaran tentang bagaimana membuat bisnis model ini. Karena itu bagi yang penasaran terkait bagaimana cara melakukannya, jangan lupa untuk menyimak pembahasan ini sampai selesai.

    Bisnis Model Canvas Template

    Mengenal Bisnis Model Canvas

    Sebelumnya penting untuk mengetahui apa itu sebenarnya bisnis model canvas. Jadi secara sederhananya bisnis model canvas adalah merupakan sebuah kerangka kerja yang di dalamnya berisikan pembahasan model bisnis.

    Nantinya model bisnis ini disajikan dalam bentuk visual seperti kanvas lukisan. Tujuannya adalah agar orang-orang bisa lebih memahami model bisnis yang dijalani, dan tidak menimbulkan kesalahan tanggapan serta lebih menarik untuk dilihat.

    Artikel Terkait: Penjelasan Lengkap Model Bisnis Canvas

    9 Elemen yang Harus Ada Di Dalamnya

    Untuk membuat bisnis ini menjadi sempurna, penting untuk mengetahui elemen yang ada di dalamnya. Jadi total ada sembilan elemen yang harus dimiliki oleh bisnis ini, dan tidak boleh ada satupun yang dilewatkan diantaranya:

    Customer Segments (Segmentasi Konsumen)

    Segmentasi konsumen adalah menentukan segmen konsumen mana yang ingin dijadikan sebagai target bisnis yang dmiliki. Penting untuk memahami hal ini agar lebih mudah dalam menyusun semua lembar kerja, serta bisa membuat model bisnis yang sesuai.

    Value Proposition (Proposisi Nilai Konsumen)

    Konsumen merupakan hal yang penting, dan satu hal yang bisa menarik perhatiannya adalah produk yang ditawarkan. Jadi di sini pengusaha bisa menawarkan keunggulan produk apa KPI yang ingin ditonjolkan dan menurutnya bisa bermanfaat bagi konsumen.

    Channels (Saluran)

    Tentunya untuk bisa menyampaikan produk yang ditawarkan kepada konsumen diperlukan sebuah channel yang berfungsi sebagai jembatan penghubung. Pilihlah channel yang paling relevan supaya bisa menyampaikan poin sebelumnya yakni value proposition dengan tepat.

    Revenue Streams (Sumber Pendapatan)

    Bisa dilihat bahwa ini merupakan salah satu bagian yan sangat penting, karena berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan nantinya. Pastikan untuk memanfaatkan dan mengelola semua yang dimiliki secara maksimal supaya bisa mendapatkan revenue streams yang positif.

    Key Resource (Sumber Daya)

    Merupakan sekat dalam bisnis model kanvas yang di dalamnya berisi tentang daftar sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Nantinya melalui daftar tersebut perusahaan bisa membuat perencanaan untuk mewujudkan value proportion sesuai dengan keinginannya.

    Customer Relationship (Hubungan Konsumen)

    Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa konsumen memegang peranan yang sangat penting, dan karena itu perusahaan bisnis model canvas template wajib untuk membangun hubungan konsumen. Ikatan ini akan menjadi salah satu jalan bagi perusahaan untuk menawarkan produknya.

    Key Activities (Aktivitas yang Dijalankan)

    Semua aktivitas yang di dalamnya terkait dengan produktivitas bisnis dan berhubungan dengan sebuah produk nanti akhirnya akan menghasilkan sebuah proporsi nilai. Nantinya melalui hal tersebutlah perusahaan bisa menilai apakah model bisnisnya sudah sesuai atau belum.

    Key Partnership (Kerjasama)

    Fungsi dari elemen yang satu ini adalah mengorganisasi atau mengelola aliran suatu barang ataupun layanan lainnya. Kerjasama merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bisni dengan tujuan untuk menciptakan iklim yang baik dan sesuai.

    Cost Structure (Struktur Biaya)

    Terakhir dan yang tidak kalah penting dengan semuanya adalah struktur dari pembiayaan bisnis tersebut. Perlu adanya pengelolaan terhadap biaya dengan cara yang efisien sehingga bisnis bisa dijalani dengan lebih hemat dan resiko kerugian bisa diminimalisir

    Perlu diketahui bahwa sekarang contoh bisnis model canvas sudah sangat banyak, sehingga pengusaha tidak perlu merasa sulit saat melakukannya.

    Tidak hanya itu saja, sekarang juga sudah ada business model canvas online yang bisa membuat kegiatan bisnis model canvas template menjadi lebih mudah dilakukan. Jadi jangan ragu dalam memulai bisnis ini.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel