Strategi Pemasaran Digital di Era New Normal dan Langkah Tepat

Penjualan yang merosot di masa pandemi harus ditingkatkan dengan strategi pemasaran digital. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

    Digital marketing dinilai sebagai sarana paling efektif untuk memasarkan produk pedagang, terutama di masa pandemic seperti sekarang ini. Hanya saja perlu adanya strategi pemasaran digital di era new normal yang efektif.

    Karena percuma saja jika melakukan pemasaran digital namun tidak mengetahui bagaimana strategi dan langkahnya. Oleh karena itu di sini semua hal tersebut akan dibahas secara lengkap. 

    strategi pemasaran digital

    Di Era New Normal Semuanya Harus Berubah

    Era new normal menuntut semuanya untuk berubah dari mulai bekerja, bersekolah, dan kegiatan lainnya semuanya dilakukan dengan terbats, dan tidak sebebas dahulu. Termasuk di dalamnya kegiatan melakukan pemasaran yang sudah tidak sebebas dahulu.

    Karena hal tersebutlah penting untuk menerapkan strategi baru yang bisa sesuai dengan perubahan tersebut, dalam hal ini adalah strategi marketing era digital. Hal ini disebabkan strategi marketing dengan prinsip digital ini tidak menuntut pelakunya untuk banyak melakukan pergerakan.

    Dianggap Sebagai Strategi yang Sangat Efektif

    Strategi ini sebenarnya tidak hanya cocok untuk pandemi, tapi untuk kondisi sehari-hari juga strategi seperti ini juga harus mulai diterapkan. Karena memang sesuai dengan perkembangan jaman sekarang yang semuanya melibatkan teknologi.

    Jadi selain mendukung untuk tidak terlalu banyak melakukan pergerakan, didukung juga dengan perubahan teknologi yang sudah canggih membuatnya menjadi strategi yang dinilai sangat efektif. Sehingga strategi ini bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran menjadi lebih tinggi lagi.

    Strategi Pemasaran Digital di Era New Normal yang Paling Efektif

    Untuk bisa menjalankan strategi pemasaran digital di era new normal dengan efektif, di sini akan diberikan strategi yang bisa dilakukan. Dengan begitu kegiatan pemasaran dapat berjalan sesuai dengan keinginan, dan memberikan hasil optimal.

    Berikut ini adalah 5 strategi pemasaran yang bisa dilakukan supaya pemasaran menjadi lebih efektif, diantaranya.

    Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media

    Sosial media merupakan sarana pemasaran digital yang paling efektif, dan dinilai paling mudah untuk digunakan. Jangkauan dari media sosial ini juga sangat luas mengingat sekarang hampir setiap orang di dunia sudah menggunakannya.

    Contoh pemasaran digital yang paling efektif menggunakan sosial media adalah memasang iklan, ataupun melakukan paid promote ke akun-akun besar. Karena cara ini dinilai sangat efektif dan juga murah, sehingga cocok untuk usaha kecil.

    Mengoptimalkan Website

    Website tidak hanya sebagai tempat pemasaran saja, tapi lebih dari itu sebagai branding, identitas perusahaan, dsb. Karena itu penting sekali untuk membuat website dengan baik dan membuatnya bekerja seoptimal mungkin.

    Dengan mengoptimalkan website juga bisa membuatnya dipergunakan dengan optimal seperti meletakkan catalog, ataupun iklan. Jadi pengguna tidak perlu membayar ke tempat lain untuk memasang iklan karena sudah ada website pribadi miliknya.

    Menggunakan Iklan Berbayar

    Iklan berbayar juga bisa digunakan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa iklan masih menjadi sarana terbaik dalam menarik minat pelanggan. Tenang saja, memasang iklan berbayar di era digital seperti sekarang tidak semahal memasang iklan seperti dulu.

    Namun begitu sebelum memasang sosial media terlebih dahulu mengetahui target konsumen yang ingin dicapai. Karena dengan mengetahui target konsumen yang diinginkan, maka pengguna bisa menentukan dimana iklan tersebut ingin dipasang.

    Search Engine Marketing yang Dimanfaatkan dengan Baik

    Sudah membuat website, maka langkah seharusnya yang bisa digunakan adalah memahami dengan benar tentang search engine marketing. Atau mungkin istilah yang lebih banyak dikenal adalah search engine optimization atau SEO.

    Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting, karena berkaitan dengan kemudahan pengguna dalam menemukan halaman yang diinginkan. Sebab kalau tidak bisa memanfaatkan hal ini dengan baik, maka website ataupun blog hanya akan sia-sia.

    Menggunakan Close Range Marketing

    Kalau strategi yang satu ini benar-benar menekankan penggunaan perangkat yang dinilai mampu untuk menjalankan Bluetooth dan wifi seperti smartphone. Kedua hal tersebut digunakan untuk mengirimkan promosi ataupun informasi dari perusahaan.

    Jadi layanan ini akan diberikan langsung kepada penggunanya disaat sedang berbelanja, atau beraktifitas sehingga tidak membutuhkan waktu lama. Saat konsumen menyetujui, dan memencet iya atau yes maka itu artinya memberi izin kepada perusahaan untuk memberikan penawaran lebih.

    Langkah untuk Memulai Strategi Pemasaran Digital dengan Baik

    Setelah mengetahui strategi apa yang harus dilakukan, maka sekarang saatnya untuk mengetahui langkah apa saja yang harus diambil. Hal ini penting untuk menjamin keberhasilan dari strategi yang sebelumnya disebutkan.

    Adapun langkah yang baik untuk melakukan digital marketing adalah

    1. Memahami Peran dan Fungsi Media Digital

    Dalam melakukan pemasaran digital sangat penting bagi pelakunya untuk mengetahui terlebih dahulu media yang ada. Beberapa media digital tersebut diantaranya website, marketplace, toko online, dan sosial media semua itu memiliki fungsinya masing-masing.

    2. Memetakan Segmen Market Bisnis

    Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa penting untuk mengenal konsumen terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan strategi pemasaran digital. Jadi penting untuk mengetahui target segmen pasar seperti rentang usia, dan juga jenis kelamin.

    3. Memilih Media Digital dengan Tepat

    Media digital sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya terbagi menjadi empat bagian dan semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Jadi pastikan untuk memilih media digital yang tepat, dan sesuai dengan kebutuhan usaha yang dilakukan.

    4. Menerapkan Internet Marketing dengan Baik

    Internet marketing bisa dikatakan sebagai nafas dari pemasaran digital karena kalau tidak ada internet, maka ini tidak bisa digunakan. Jadi pastikan untuk menerapkan internet marketing dengan baik dan juga optimal supaya bisa lebih maksimal.

    5. Memanfaarkan Iklan Digital Marketing

    Sedari tadi yang dibahas adalah program pemasaran digital yang gratis, maka sekarang yang dibahas adalah yang berbayar. Tidak ada salahnya untuk menggunakan proses ini, karena meskipun berbayar namun timbal balik yang diberikan sangat besar.

    6. Membuat dan Mendistribusikan Content Marketing

    Content marketing juga merupakan hal yang penting karena berhubungan dengan sesuatu yang bisa menarik minat pelanggan. Konten yang isinya merupakan informasi haruslah dibuat semaksimal mungkin,dan pendistribusiannya dipastikan berlangsung dengan baik.

    7. Membangun Database Customer

    Strategi pemasaran di era digital yang terakhir adalah membangun atau membuat database customer yang ingin dijadikan sebagai target untuk melakukan pemasaran. Jadi buatlah database ini untuk pendistribusian yang lebih merata dan sesuai dengan target.

    Baca Juga tentang Bisnis Digital

    Sesuaikan dengan Jenis Usaha dan Biaya

    Penting untuk diingat bahwa menggunakan pemasaran digital ini haruslah memperhatikan beberapa hal, dan dua yang paling penting adalah jenis usaha dan biaya. Karena berbeda jenis usahanya maka berbeda juga strategi pemasaran digital di era new normal yang harus dilakukan.

    Selain itu juga dalam menerapkan strategi ini penting untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan. Karena jangan sampai menggunakan strategi digital, namun malah membuat adanya defisit di perusahaan seperti over budget yang justru bisa membuat hutang.

    Karena kalau terlalu berlebihan juga, dan melebihi budget yang ditentukan justru dikhawatirkan memberikan beban atau tekanan kepada perusahaan. Jadi perhatikan dengan baik tentang biaya yang dibutuhkan.

    Itulah pembahasan lengkap tentang strategi pemasaran digital di era new normal dari mulai strategi yang harus dilakukan, sampai langkah yang harus ditempuh. Dengan begitu pelaku bisa menerapkannya dengan mudah.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel