Tujuan Digital Marketing untuk Bisnis

Sebelum melakukan pemasaran secara digital, ada baiknya anda mengetahui apa saja sih tujuan digital marketing itu. Simak artikelnya sampai beres!

    Digital marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan dunia digital atau online. Tujuan utama digital marketing ialah untuk memasarkan produk supaya dikenal oleh banyak orang melalui internet. Pemasaran model seperti ini dinilai lebih mudah dalam menjarin trafik dan tertarget. Jadi produk anda akan relevant dengan target market yang anda bidik.

    Adapun media media digital marketing ialah sebagai berikut:

    1. Website
    2. SEM (Search Engine Marketing) seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads
    3. SEO (Search Engine Optimization)
    4. Media Sosial
    5. Konten Pemasaran
    6. Email Marketing
    tujuan digital marketing

    Manfaatkanlah keenam media diatas supaya tujuan digital marketing anda tercapai dengan baik. Sehingga nantinya anda bisa mengoptimalkan omzet yang didapatkan dari proses digitalisasi marketing ini. Lalu sebenarnya apa saja sih tujuan digital marketing itu? Simak artikel ini sampai habis.

    Meningkatkan Brand Awareness

    Apa itu Brand Awareness? Yaitu sejauh mana pelanggan dalam mengingat dan mengenali suatu produk. Jika anda melakukan digital marketing, maka secara tidak langsung anda menanamkan brand anda kepada netizen. Sehingga istilah ini bisa juga disebut sebagai Branding.

    Tidak hanya fokus dalam peningkatan omzet saja, seorang digital marketer juga harus bisa membangun brand yang mereka kelola. Hal ini bertujuan untuk menghipnotis pelanggan melakukan retensi di kemudian hari. Ketika kita sudah memiliki brand awareness yang baik, maka kepercayaan pelanggan terhadap produk kita akan semakin besar.

    Siapa Tahu Tertarik: Pembahasan Lengkap Seputar Bisnis Digital yang Wajib Kamu Ketahui

    Efisiensi Strategi Pemasaran

    Hampir mustahil jika anda ingin mengalahkan kompetitor besar seperti Nestle, IKEA, dan Gramedia tanpa menggunakan digital marketing. Meskipun mereka sudah bergerak di dunia digital, paling tidak anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen jika anda bisa melakukan digital marketing.

    Sebagai contoh, anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan SEO supaya website anda mendapatkan trafik dan muncul di halaman 1 Google. Metode ini jauh lebih tertarget dan efisien ketimbang anda mengiklankan lewat baliho, spanduk, atau sebar poster.

    Mengumpulkan Database Market

    Database menjadi senjata utama ketika ingin memasarkan produk secara digital. Jadi jangan heran jika data harganya sangat mahal. Untuk mengumpulkan semua data tersebut juga butuh effort yang sangat besar. Tapi saya akan memberikan tutorialnya, klik link dibawah ini.

    Artikel Terkait: Cara Mengumpulkan Database Pelanggan

    Setelah anda mendapatkan database pelanggan, selanjutnya anda tinggal take action. Database pelanggan bisa diperoleh dengan mudah ketika anda sudah memiliki brand yang kuat. Jadi sembari mengumpulkan database, anda juga harus membangun brand authority.

    Mengenalkan Produk ke Masyarakat Luas secara Efisien

    Tujuan digital marketing ialah untuk mengenalkan produk kita ke khalayak umum dengan mudah, cepat, dan efisien. Karena jangkauan promosi di internet itu tidak terbatas. Apalagi internet digunakan lebih dari 8 jam per hari.

    Berbeda jika kita harus promosi dengan cara konvensional seperti spanduk atau baliho. Promosi kita hanya dilihat oleh orang orang yang lewat dan tidak tertarget. Disinilah fungsi digital marketing, yaitu untuk mengefisiensikan promosi supaya tepat sasaran.

    Mendapatkan Trafik dengan Mudah

    Perlu kita ingat, tujuan digital marketer ialah menghasilkan konversi. Tidak ada konversi jika tidak ada trafik. 

    Trafik sendiri bisa didapat dari banyak hal. Sebagai contoh trafik dari website SEO, SEM, Facebook Ads, Instagram Ads, Media Sosial, dan lain lain. Rata rata trafik yang datang akan lebih tepat sasaran, sehingga tingkat konversi jualan anda akan meningkat.

    Ada banyak cara untuk mendapatkan trafik dengan mudah. Diantaranya:

    • SEO
    • Paid Trafik
    • SEM
    • Share media sosial
    • Endorsement
    • Pasang iklan di Google

    Meningkatkan Relasi

    Iya benar, tapi yang dimaksud relasi disini ialah relasi antara anda dengan calon klien. Ingat kan dengan sebuah hadist tentang rizki? 

    "Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim)

    Ini adalah salah satu tujuan digital marketing, memperbesar channel, dengan harapan akan terjalin relasi yang matang antar satu sama lain. Sehingga rejeki akan lebih mudah didapatkan. Tak kenal maka tak sayang. Begitulah kira kira jika kita sudah kenal dengan seseorang, maka orang tersebut tidak akan segan segan bertransaksi dengan anda.

    Analisis Digital

    Penting sekali untuk melakukan analisis digital sebagai kompetensi penunjang digital marketing. Semua data yang telah kita miliki, dianalisis guna menentukan langkah selanjutnya. Bagaimana untung rugi dari analisis tersebut, apa saja yang harus dilakukan, dan tantangan pemasaran digital di kemudian hari.

    Tidak semua orang mau atau bisa menganalisis. Gunakanlah indikator standard anda sebelum mengambil sebuah keputusan. Atau anda bisa lihat di performa iklan yang telah anda pasang, berapa konversi rate nya, dan lain sebagainya.

    Peningkatan Omzet Penjualan

    Seorang marketer jika ingin meningkatkan omzet penjualan, mereka harus paham dengan strategi digital marketing. Karena percuma saja punya modal banyak untuk ngiklan, tapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya secara efisien. 

    Inilah tujuan belajar digital marketer, yaitu supaya omzet penjualan naik. Tapi ingat, jangan terlalu fokus pada omzet sehingga lupa dengan profit. Pastikan anda memperoleh profit maksimal supaya tidak boncos promosi.

    Demikian adalah tujuan digital marketing. Ada baiknya anda memperhatikan hal hal diatas supaya anda tahu secara pasti langkah langkah yang baik dalam mempromosikan produk secara digital. Baru setelah itu anda juga harus mempelajari tentang tantangan pemasaran digital.

    Baca di: 13 Tantangan Pemasaran Digital dan Solusi yang Tepat

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel