13 Tantangan Pemasaran Digital dan Solusi yang Tepat

Pemasaran lewat digital pasti akan menghadapi tantangan tersendiri. Seperti apa tantangan pemasaran digital tersebut dan apa solusinya?

    Dalam sebuah bisnis tentunya dibutuhkan sebuah pemasaran yang bisa dilakukan lewat konvensional maupun digital. Keduanya memiliki masalah dan tantangan tersendiri. Lalu tantangan pemasaran digital seperti apa saja yang biasa dihadapi para pengusaha digital dan bagaimana solusinya? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

    tantangan pemasaran digital

    Tantangan Pemasaran Digital dan Solusinya yang Tepat

    Inilah beberapa tantangan yang kerap dihadapi pebisnis dalam pemasaran digital:

    1. Memilih Media Pemasaran Digital

    Banyaknya berbagai media digital yang ada terkadang membuat bingung pelaku bisnis dalam menentukan pilihan media mana yang akan digunakan untuk marketing digital?

    Untuk itu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar pemasaran bisa tepat sasaran, yaitu:

    • Pastikan kebutuhan teknologi yang dipakai media tersebut dalam memenuhi kebutuhan perusahaan.
    • Pilih media teknologi yang mempunyai komponen interface yang mudah dimengerti tim perusahaan
    • Pilih media teknologi yang memberikan fasilitas adanya otomasi dalam proses pemasaran digital Anda.

    2. Memilih Konten yang Tepat Untuk Target Audiens

    Kenali dan cari tahu karakter dari audiens yang akan jadi target pemasaran Anda, sebelum Anda memilih konten yang tepat untuk mereka. Seperti tren apa yang tengah mereka ikuti, dan gaya bahasa yang mereka pakai.

    Biasanya hal tersebut bisa mempengaruhi ketertarikan audiens terhadap konten yang Anda buat. Bila telah tertarik maka mereka akan memberi respon seperti likes, share ataupun komentar.

    3. Mendatangkan Traffic dan Leads

    Untuk mendatangkan traffic & leads pengunjung memang gampang-gampang susah. Anda harus membuat konten yang sesuai dengan target audiens serta mematikan konten Anda tersebar berbagai saluran yang tepat.

    4. Mengukur ROI dari Aktivitas Pemasaran

    ROI atau Return On Investment artinya pengembalian keuntungan yang juga merupakan salah satu tantangan dalam pemasaran digital.

    Cara untuk dapat mengukur ROI ini bisa menggunakan perangkat lunak yang mumpuni agar Anda dapat memantau dan mengukur kegiatan digital marketing dan transaksi penjualan via online yang terjadi.

    Dengan adanya pengumpulan data yang akurat dan disiplin bisa mendukung perhitungan ROI yang lebih tepat dan mudah.

    5. Harus Selalu Tersedianya Budget Pemasaran

    Bukan hanya harus selalu tersedianya budget produksi, namun budget pemasaran juga harus selalu ada dan tersedia. Anda harus memastikan adanya budget pemasaran yang diiringi dengan laporan ROI dari aktivitas pemasaran digital perusahaan.

    Sebuah survey mengatakan bahwa perusahaan yang menggunakan ROI dapat mengalokasinya lebih banyak budget buat pemasaran.

    6. Pengaturan Strategi

    Pengaturan strategi juga bisa jadi tantangan pemasaran di era digital bagi para pebisnis. Bila salah dalam menerapkan strategi pemasaran tentunya bukan mendapat untung malah kalah dengan produk pesaing.

    Terkadang, karena bingung dan belum paham betul strategi apa yang harus dilakukan dalam jangka panjang, mereka memilih strategi jangka pendek.

    Dibawah ini ada 5 strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan:

    • Riset bisnis pesaing bisnis
    • SEO
    • Email marketing
    • Konten video
    • Chatterbot

    7. Persaingan Bisnis yang Ketat

    Tantangan digital marketing selanjutnya ialah adanya persaingan yang ketat. Dimana kini ada banyak entitas yang mencoba untuk bisa memenangkan pasar di internet. Persaingan inilah yang bisa menenggelamkan bisnis Anda bila Anda kalah.

    Anda pun bukan orang satu-satunya yang menerapkan sistem pemasaran digital untuk bisa menjangkau semua pelanggan dan ingin meraih banyak untung dan kesuksesan pada akhirnya.

    Dalam suatu persaingan bisnis, marketing yang gagal mendapatkan keunggulan pada akhirnya akan gagal semuanya. Begitulah kompetisi pemasaran digital bekerja. Karena itulah penerapan 5 strategi pada poin 6, dapat mengatasi solusi dalam menghadapi persaingan bisnis digital.

    8. Kelola Website

    Pemasaran digital dilakukan untuk dapat mempercepat pertumbuhan bisnis, dan disinilah diperlukan pemasaran yang handal dan taktis.

    Anda harus dapat menggunakan berbagai media pemasaran yang tepat yang akan membuat bisnis Anda berjalan dengan optimal.

    Karena itu, Anda perlu punya situs website yang dapat dioptimasi dengan mesin pencarian. Bukan hanya itu Anda juga harus punya skema pemasaran melalui media sosial yang pas dengan segmen brand.

    Perlu Anda ingat dalam suatu pemasaran digital, pengelolaan website jadi hal yang penting untuk memaksimalkan perolehan leads dan penjualan.

    Bila Anda belum tahu cara mengelolanya Anda bisa mengikuti training cara mengelola website atau bisa juga merekrut jasa eksternal. Nantinya Anda bisa menghubungkan saluran-saluran pemasaran dengan perangkat yang mengintegrasikan web Anda.

    9. Merekrut SDM yang Tepat

    Agar dapat meningkatkan efektivitas pemasaran digital perusahaan, pastinya Anda perlu orang-orang yang memiliki kemampuan yang tepat di bidangnya. Pastikan Anda dapat mengidentifikasi dengan cermat orang dengan keahlian seperti yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

    Kemudian temukan mereka di saluran tempat orang-orang tersebut mencari pekerjaan. Terapkan juga kebijakan masa trial untuk semakin memastikan kecocokan atau keahlian dari anggota baru Anda.

    10. Tidak ada Peremajaan dalam Organisasi Perusahaan

    Era digital identik dengan anak muda. Karenanya, banyak perusahaan digital yang mempekerjakan anak muda mengingat mereka dianggap memiliki karakteristik yang cocok pada era digital. Tapi sayangnya, hal tersebut sulit diterapkan oleh perusahaan yang kurang tenaga anak mudanya.

    11. Cepatnya Perubahan Tren

    Perubahan tren yang begitu cepat di era sekarang ini, terkadang membingungkan dan jadi tantangan pemasaran online bagi perusahaan. Bukan hanya dari segi teknologi, perilaku konsumen pun kini jadi sering berubah.

    Karena itu, pastikan Anda untuk selalu bersikap responsif dan dinamis dalam melakukan pengelolaan aktivitas digital marketing perusahaan Anda.

    12. Melatih Anggota Tim

    Dalam mengelola digital marketing, pastinya dibutuhkan anggota tim yang kompak dan solid serta memiliki keahlian yang tepat.

    Untuk dapat membentuk tim tersebut, Anda perlu mengadakan pelatihan yang tepat. Kenali keahlian dan motivasi dari setiap anggota tim Anda, dan barulah Anda terapkan jenis pelatihan yang cocok untuk masing-masing anggota tim. Pelatihan ini bisa berupa e-learning, kelas offline, buku, dan sebagainya.

    13. Manajemen Big Data

    Pengaturan data dalam jumlah besar atau istilahnya manajemen big data mengacu pada informasi yang sangat besar sehingga sulit diproses oleh software database biasa.

    Untuk dapat mengumpulkan dan memproses sejumlah data besar secara efisien, itu jadi tantangan bagi perusahaan.

    Seperti perusahaan Facebook, Amazon, Airbnb, dan Uber, yang sukses dikarenakan mereka menggunakan semua data pelanggan. Facebook bahkan punya tim sains data khusus buat menganalisis kebiasaan serta perilaku jutaan orang.

    Jadi intinya, manajemen big data yang efisien adalah salah satu kunci sukses perusahaan digital.

    Baca Juga: Pembahasan Lengkap Seputar Bisnis Digital yang Wajib Kamu Ketahui

    Solusi Tantangan Pemasaran Digital

    Bila Anda belum dapat melakukan hal ini maka solusi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengumpulkan dan memusatkan big data dalam satu platform. Bila data tersimpan dalam satu wadah, maka semua anggota staf dapat mengaksesnya kapanpun dibutuhkan.

    Sehingga, manajemen dan pemrosesan suatu data akan berjalan dengan lebih baik. Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan seperti solusi big data Microsoft, Oracle Big Data Solutions, atau Google Cloud Platform. Semuanya mempunyai fitur umum, seperti:

    • Mengatur dan mengelola data besar pada sistem cloud.
    • Memberikan kehandalan, skalabilitas, dan fleksibilitas, yang lebih cepat di seluruh lingkungan.
    • Melindungi data perusahaan dan investasi.

    Itulah tadi 13 tantangan pemasaran digital yang umumnya dihadapi para pebisnis digital dalam menjalankan usahanya. Diharapkan dengan solusi yang tepat dapat mengatasi tantangan tersebut.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel