Cara Mengumpulkan Database Pelanggan dengan Mudah dan Cepat

Database sangat penting dimiliki oleh pebisnis. Jadi anda wajib memilikinya. Berikut adalah cara mengumpulkan database pelanggan.

    Dalam dunia bisnis, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya database. Database pelanggan adalah sekumpulan data yang mengandung informasi pribadi. Misal seperti alamat email, nomor telepon, alamat, dan bahkan aktifitas yang sering dilakukan.

    Untuk mendapatkan database ini tentu bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak sekali tahapan tahapan yang harus kita lakukan supaya semua data berharga milik pelanggan tersebut berada di tangan kita. Untuk mendapatkannya ada yang menggunakan metode gratisan, ada juga yang harus mengeluarkan uang. Lalu bagaimana sih cara mengumpulkan database pelanggan? 

    cara mengumpulkan database pelanggan

    Cara Mengumpulkan Database Pelanggan

    Menggunakan Google Form

    Cara yang paling mudah mengumpulkan data ialah dengan menggunakan Google Form. Anda bisa melakukan survey kecil kecilan kepada calon customer potensial anda. Link yang didapatkan dari membuat Google Form anda sebarkan lewat media sosial yang sekiranya menjadi target market anda.

    Bagaimana jika mereka tidak mau mengisi form? Anda bisa memberikannya hadiah berupa pulsa, saldo GoPay, merchandise, atau hadiah ringan lainnya. Melalui form survei anda bisa meminta data berupa:

    • Alamat email
    • Nomor WA
    • Nama Lengkap
    • Aktifitas
    • Umur
    • Masalah yang mereka hadapi
    • Dan lain sebagainya

    Data yang telah diisi oleh orang akan masuk ke bagian SpreadSheet Google. Sehingga anda akan lebih mudah dalam mengolahnya. Ntah mau diekspor ke Excel atau CSV.

    Memberikan E-Book Secara Gratis

    Mining data biasanya dilakukan dengan membuat form opt-in. Anda sudah tidak asing lagi jika ada sebuah website yang menggratiskan ebook hanya dengan menginput alamat email di sebuah kolom? Nah itulah yang dinamakan opt-in.

    Ketika seseorang tertarik dengan ebook gratisan dari anda, maka mereka akan menginputkan alamat email mereka untuk mendapatkan akses download. Setelah itu, secara otomatis link download akan masuk ke email mereka.

    Bagaimana Cara Menerapkan Metode OPT-IN?

    1. Buatlah website berbasis Wordpress, atau anda bisa menggunakan Blogger, asalkan sudah memiliki script khusus.
    2. Install plugin Optin Forms di Worpress
    3. Jalankan plugin tersebut

    Melakukan Pameran

    Cara mengumpulkan database pelanggan selanjutnya ialah dengan melakukan pameran. Event pameran yang diadakan oleh suatu organisasi akan membantu anda mengenalkan produk yang anda miliki kepada konsumen dengan tepat sasaran. Jadi selain mengumpulkan data, anda juga membangun database milik pelanggan dengan mudah.

    Bagaimana cara membangun database melalui pameran?

    Di setiap orang yang datang ke outlet, anda menyuruh mereka untuk mengisi form kontak yang bisa dihubungi. Perkenalkanlah produk ke orang orang yang datang. Lakukanlah up selling, down selling, dan cross selling. Dan jawablah setiap keluhan orang dengan produk yang anda miliki.

    Mengumpulkan Data Pelanggan yang Lama

    Pelanggan yang sudah pernah transaksi dengan anda dulu dulu itu bisa dikumpulkan lagi data mereka. Gunannya untuk apa? Ini sangat berguna untuk meningkatkan retensi atau tindakan repeat order oleh pelanggan lama anda. Sehingga dengan memiliki database pelanggan lama, anda bisa melakukan cross selling dan memperkenalkan produk produk anda yang terbaru.

    Tapi pastikan terlebih dahulu, pelanggan yang lama memenuhi kriteria berikut ini:

    • Masih masuk ke target penjualan anda
    • Memiliki hubungan baik dengan anda
    • Produk atau jasa anda masih mereka butuhkan
    • Memiliki sinyal positif buat anda

    Masuk ke Grup yang Sesuai dengan Niche Market Anda

    Cara membangun database pelanggan yang terakhir ialah dengan memasuki grup grup yang sesuai dengan niche target market anda. Maksudnya bagaimana? Contoh jika anda ingin mempromosikan jasa tulis artikel, maka anda bisa memasuki grup Blogger, Freelance Writer, dan sejenisnya.

    Grup grup seperti itu akan memudahkan anda menjaring pasar lebih luas dan lebih tertarget. Biasanya untuk mengumpulkan database pelanggan dengan cara masuk ke grup bisa dilakukan lewat Facebook, WA, atau Telegram. Yang terpenting anda mendapatkan nomor kontak, email, dan data penting lainnya.

    Fungsi Database Pelanggan

    Mungkin anda bertanya tanya, apa sih fungsi database pelanggan itu? Berikut adalah fungsi dan kegunaan database:

    1. Untuk mengetahui informasi pribadi orang berupa alamat email, nomor HP, hingga kebutuhan mereka.
    2. Memudahkan untuk melakukan cross selling.
    3. Meningkatkan omzet penjualan.
    4. Memperluas pemasaran.
    5. Efisiensi dalam pemasaran.

    Demikian adalah informasi tentang cara mengumpulkan database pelanggan dan fungsi database yang telah kita kumpulkan.

    Pepatah mengatakan:

    Barang siapa yang memiliki data, maka dia adalah pemenangnya

    Jadi tunggu apa lagi, bangun database anda sekarang juga. Meskipun nantinya bisnis anda mulai kolaps, dengan adanya database pelanggan anda bisa membangkitkan bisnis lebih mudah. 

    Video Cara Mengumpulkan Database Pelanggan

    Sumber: Channel Youtube Denny Santoso

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel