Jenis Jenis Bisnis Online dan Contoh Bisnis Online

Sekarang ini dunia sudah serba online, sehingga semuanya ditekankan ke arah digital. Karena itu tidak heran jika banyak bisnis online yang menjamur, dan semakin banyak peminatnya. Namun sebelum memutuskan untuk menjalankannya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bisnis online yang ada.

Jenis Jenis Bisnis Online
 

Jenis Jenis Bisnis Online yang Paling Umum

Sebelumnya masyarakat harus terlebih dahulu bisa membedakan jenis jenis bisnis online, dengan contohnya. Karena ternyata antara jenis usaha atau bisnis online dengan contohnya adalah hal berbeda. Sehingga pahami dulu pembahasan terkait dengan jenis jenis ini secara lebih menyeluruh, adapun jenis jenis tersebut diantaranya.

Lelang Online

Jenis Jenis Bisnis Online, Lelang Online

Pertama adalah kegiatan lelang online yang merupakan salah satu jenis jenis bisnis online yang paling banyak dilakukan oleh enterpreuner muda sekarang ini. Jadi nantinya kegiatan lelang ini akan dilakukan menggunakan media internet, dan perangkat digital. Sudah banyak ­e-commerce yang menyediakan kegiatan ini.

Toko Online

Jenis Jenis Bisnis Online, Toko Online

Selanjutnya adalah toko online yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan toko offline pada umumnya, karena disini menyediakan beberapa barang seperti kecantikan, peralatan sehari-hari, dsb. Dulunya toko online ini berupa website ataupun situs, namun kini sudah ada platform yang menyediakan wadah untuk membuatnya (market place).

Menjual Informasi

Jenis Jenis Bisnis Online, Menjual Informasi 
Sekarang ini membaca bisa dilakukan dimana saja, hanya dengan bermodalkan perangkat elektronik seperti hp. Untuk bisa mengakomodasi hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah buku elektronik. Jadi tidak heran jika ada jenis bisnis online yang menjual informasi seperti Ebook, dan hal lainnya secara online.

Home Industri Online

Jenis Jenis Bisnis Online, Home Industri Online

Berbeda dengan industri yang memiliki skala besar, jenis bisnis online yang satu ini biasanya menjual hasil produksi rumahan. Ada banyak sekali jenis industri rumahan ini dimulai dari garment, aksesori, tas, sepatu, kerajinan, dsb. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis online ini juga lumayan.

Jasa Online

Jenis Jenis Bisnis Online, Jasa Online

Karena sekarang ini serba online, maka pelayanan jasa pun bisa dikerjakan juga secara online. Konsumen tidak perlu bertatapan secara langsung, hanya menyerahkan hal apa yang diinginkan. Dengan begitu kegiatan ini bisa lebih efektif, ada banyak sekali jenis jasa online seperti tutor online, penulis online, desainer online, dan sebagainya.

Agency Online

Jenis Jenis Bisnis Online, Agency Online

Untuk jenis bisnis online yang satu ini seperti menyediakan tempat bagi konsumen untuk membeli barang dari sebuah perusahaan. Salah satu contoh barang yang bisa dibeli adalah tiket pesawat dari maskapai tertentu, ataupun bagi yang ingin menyewa hotel maka bisa melalui tempat ini.

Contoh Bisnis Online

Setelah mengetahui jenis jenis bisnis online yang ada di masyarakat, maka sekarang saatnya untuk mengetahui contoh dari jenis bisnis online tersebut. Ada banyak sekali contoh bisnis online yang bisa dikerjakan, bahkan untuk pemula. Untuk contoh-contoh dari bisnis online tersebut diantaranya:

1. Dropshipper

Bisa dibilang ini adalah bisnis online yang paling ramah untuk dilakukan oleh seorang pemula, karena membutuhkan modal yang sangat minim. Bahkan pada beberapa kasus, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal sama sekali. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini sebagai awalan.

2. Reseller

Hampir sama dengan dropshipper, namun kali ini ada sebuah bisnis yang bernama reseller. Hal yang membedakannya dengan dropshipper adalah untuk memulai usaha ini seseorang harus terlebih dahulu menyetok barang yang ingin dijualnya. Tapi tenang saja, bisnis ini masih rama untuk dilakukan oleh pemula.

3. Marketing Afiliasi

Masih hampir mirip dengan dropshipper, bisnis yang satu ini juga mengharuskan pelakunya untuk menjual produk milik orang lain. Perbedaannya terletak pada keuntungan yang didapatkan oleh pelakunya. Apabila dropshipper melalui harga jual barang, maka usaha ini melalui banyaknya barang yang sudah dijual.

4. Membuka Jasa Pembuatan Website

Website sekarang merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan sebuah usaha, jadi tidak heran jika banyak yang membutuhkannya. Apabila memiliki kemampuan dalam hal coding, maka tidak ada salahnya membuka sebuah usaha jasa pembuatan website. Apalagi keuntungan yang dihasilkan juga lumayan.

5. Membuat Kursus Online

Banyak hal yang menyebabkan seseorang harus belajar melalui rumah saja, karena itu jasa kursus online sangat dibutuhkan. Jadi kursus online ini adalah sebuah website atau situs yang di dalamnya memuat berbagai materi pelajaran yang dibutuhkan beserta tutor di dalamnya hampir sama seperti kursus offline.

6. Blogger

Alasan utama mengapa blog menjadi bisnis online adalah karena dari blog seseorang bisa mendapatkan penghasilan. Penghasilan ini didapatkan melalui sebuah iklan yang ditayangkan dalam blog tersebut, nantinya blogger akan mendapatkan uang dari setiap orang yang melihat iklan tersebut.

7. Membuka Jasa Desain Grafis

Keahlian seseorang dalam melakukan desain grafis sangat dibutuhkan pada era digital seperti sekarang ini. Pastinya sebuah perusahaan membutuhkan sebuah logo yang menarik, ataupun lambang bagi produk yang dimilikinya. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat bisnis terkait dengan jasa desain grafis.

8. Menjual Hasil Desain

Selain menawarkan sebuah jasa desain, tidak ada salahnya untuk membuka sebuah usaha yang menjual hasil jadi. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama, dan bisa langsung menemukan produknya melalui sebuah catalog yang disediakan. Tentu saja hal ini juga sama menguntungkannya dengan bisnis sebelumnya.

9. Menjadi Seorang Penulis Freelance

Sama halnya seperti desain, penulis juga dibutuhkan untuk dunia yang serba digital ini. Biasanya jasa ini dibutuhkan untuk sebuah blog ataupun website, dimana keduanya membutuhkan sebuah konten untuk menarik minat peselancar di internet. Jadi jika memiliki kemampuan menulis, tidak ada salahnya mulai membuat usaha ini.

10. Berjualan Ebook

Sebelumnya pada jenis bisnis online ada satu jenis bisnis yakni menjual informasi dan di dalamnya ada menjual ebook. Sama seperti bisnis yang sebelumnya, bisnis yang satu ini juga masih berkaitan dengan kemampuan dalam hal penulisan. Apalagi sekarang ebook sedang sangat digemari dikalangan masyarakat.

11. Menawarkan Jasa Tutor Online

Kalau memiliki kemampuan lebih dalam hal akademis, maka tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa tutor online. Jangan khawatir akan banyaknya saingan, karena ilmu itu sifatnya berkembang jadi banyak hal yang bisa dipelajari dan juga diajarkan. Sehingga tidak usah khawatir akan adanya persaingan dalam melakukan bisnis ini.

12. Menjadi Influencer

Sekarang ini sosial media sedang menjadi primadona dikalangan masyarakat, hampir semua orang pasti menggunakan sosial media. Melalui sebuah sosial media ini seseorang bisa membuka bisnis menjadi seorang influencer. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukannya adalah melakukan endorse yang nantinya mendapatkan bayaran.

13. Membuka Toko Online

Ini adalah salah satu contoh bisnis online yang paling utama terpikirkan oleh setiap orang saat ingin membuka usaha online. Untungnya semakin kesini, kegiatan membuka toko online ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Ada wadah yang menjadi tempat berkumpulnya pemilik toko online wadah tersebut dinamakan marketplace.

14. Menjadi Youtuber

Tidak hanya menjadi influencer saja, namun seseorang juga bisa menjadi seorang youtuber. Keuntungan yang didapatkan dari menjadi youtuber ini bisa didapatkan dari banyak aspek. Beberapa seperti gaji dari youtube, endorse, dsb. Intinya usaha yang satu ini sangat menguntungkan hanya saja harus tekun dalam menjalaninya.

Itulah tadi pembahasan terkait dengan jenis jenis bisnis online, dan contohnya. Apabila melihat peluang bisnis online yang lumayan, maka bisa dikatakan bahwa beberapa tahun setelahnya pun prospek bisnis ini masih cerah. Sehingga sangat layak untuk dicoba.

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Bisnis Online dan Contoh Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel