10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung yang Mudah

Bisnis untuk ibu rumah tangga di kampung bisa dilakukan dengan memulai bisnis kecil kecilan dari rumah. Simak artikel ini.

    Bisnis untuk ibu rumah tangga di kampung bisa dilakukan dengan modal awal yang terjangkau. Di berbagai daerah di Indonesia, terutama di daerah perkampungan, banyak ibu rumah tangga yang masih berusia produktif namun terpaksa tidak bekerja karena harus menjaga dan mengurus rumah.

    Hal ini sebenarnya sangat disayangkan karena banyak ibu rumah tangga di kampung yang sebenarnya memiliki niat dan kemampuan yang besar untuk bekerja. Bekerja dari rumah juga bisa membantu keuangan keluarga sekaligus menjadi sarana berkreativitas bagi para ibu.

    ide bisnis untuk ibu rumah tangga

    Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

    Bila Anda merupakan ibu rumah tangga yang tinggal di kampung dan ingin bekerja, Anda tidak perlu khawatir. Kini ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan dari rumah sekaligus bisa dilakukan dengan modal yang terjangkau. Berikut ini adalah 10 bisnis mudah untuk ibu rumah tangga di kampung.

    Buka Warung Kecil

    ide bisnis ibu rumah tangga

    Bagi para ibu rumah tangga di kampung yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan, Anda bisa memulainya dengan membuka warung kecil di rumah. Warung kecil bisa dimulai dengan modal terjangkau, yaitu kurang dari Rp5 juta.

    Selain praktis, Anda juga tidak perlu mencari lokasi lain untuk berjualan. Penghasilan yang didapatkan setiap bulannya juga relatif besar. Bila warung cukup ramai, keuntungannya bisa mencapai Rp600 ribu Rp1 juta per bulan.

    Bila dijalankan oleh ibu rumah tangga, tentu hal ini bisa menjadi kegiatan tambahan sekaligus bisa menjadi sarana penghasilan lain selain penghasilan utama yang didapatkan oleh kepala rumah tangga.

    Jual Hasil Pertanian

    Bisnis lain yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di kampung adalh berjualan hasil pertanian setempat. Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki hasil pertanian yang tinggi. Bahkan jenis yang dihasilkan juga cukup beragam, mulai dari sayur mayur hingga buah-buahan.

    Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung

    Bila dijual, hasilnya tentu sangat menguntungkan. Penghasilan per bulan para ibu rumah tangga yang menjual berbagai jenis hasil pertanian ini bisa mencapai Rp500 ribu. Tentu jumlah ini dapat membantu perekonomian keluarga meskipun hanya dikerjakan dari rumah.

    Produksi Kerajinan Tas atau Souvenir

    bisnis ibu ibu di kampung

    Bagi para ibu rumah tangga di kampung yang ingin menambah penghasilan, produksi kerajinan tangan atau souvenir bisa menjadi salah satu pilihan. Pembuatan kerajinan tangan bisa dilakukan sambil menjaga rumah.

    Sedangkan untuk penjualannya, Anda bisa bekerjasama dengan para pengepul untuk turut menjual kerajinan tangan atau souvenir yang telah dibuat. Keuntungan yang didapatkan bisa sangat beragam tergantung dari jenis souvenir yang diproduksi.

    Bila Anda bisa mengajak beberapa warga desa lain dan membuat souvenir bersama, hasil per bulannya bisa lebih besar. Penghasilan bersihnya berkisar antara Rp500 ribu - Rp 2 juta tergantung dari jumlah penjualan dan jenis souvenir yang dibuat.

    Berjualan Makanan Khas Daerah Setempat

    Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dari dunia kuliner. Setiap daerah memiliki sajian kuliner yang khas dan menjadi identitas dari daerah tersebut. Hal ini bisa menjadi ide bisnis untuk ibu rumah tangga di kampung yang ingin menambah penghasilan.

    bisnis ibu rumah tangga berjualan makanan

    Para ibu di kampung bisa memulai untuk membuat berbagai snack atau makanan khas daerah setempat. Selanjutnya, makanan bisa dijual sebagai sumber penghasilan. Agar penghasilan semakin besar, Anda bisa bekerjasama dengan berbagai toko oleh-oleh untuk turut menjual makanan tersebut.

    Baca Juga: 6 Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 

    Jumlah penghasilan yang bisa didapatkan dari bisnis ini sangat bervariasi, tergantung dari hasil penjualan pada bulan tersebut. Keuntungannya berkisar antara Rp500 ribu - Rp1.5 juta.

    Terima Jasa Rias

    Jasa rias atau jasa makeup pengantin masih menjadi salah satu bisnis yang paling banyak digeluti di Indonesia. Bila Anda tinggal di kampung, tentu belum banyak orang yang menyediakan jasa ini.

    Hal ini bisa menjadi ide bisnis ibu rumah tangga praktis yang bisa dilakukan di kampung. Keuntungan juga cukup besar, tergantung dari jumlah pesanan rias pada bulan tersebut. Disaat musim pernikahan, bisnis jasa rias bisa menghasilkan lebih dari Rp2 juta per bulan.

    Buka Jasa Penjahit

    bisnis ibu rumah tangga jasa jahit
    Ide bisnis yang mudah dilakukan dengan modal terjangkau adalah bisnis penjahit yang dilakukan di rumah. Sambil mengurus rumah, ibu rumah tangga bisa mulai membuka jasa penjahit yang melayani kebutuhan orang sekitar.

    Jasa penjahit membutuhkan kemampuan khusus. Anda yang ingin belajar menjahit bisa mulai kursus supaya dikemudian hari Anda dapat membantu keuangan keluarga dengan membuka jasa penjahit di rumah.

    Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis: Tujuan, Syarat, Aspek, Contoh, dan Manfaat

    Penghasilannya didasarkan pada jasa yang didapatkan. Rata-rata penjahit rumahan bisa menghasilkan keuntungan sekitar Rp500 ribu perbulan. Jumlah itu bisa berbeda tergantung dari orderan yang masuk dan tingkat kemampuan Anda untuk menjahit.

    Buka Salon Sederhana

    Bisnis untuk ibu rumah tangga juga bisa dilakukan dengan membuka salon sederhana di rumah. Anda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk membuka salon. Salah satu ruangan di rumah Anda bisa dijadikan sebagai tempat untuk membuka salon kecil kecilan.

    ibu rumah tangga buka jasa salon

    Jumlah penghasilannya cukup beragam. Bila pelanggan sedang ramai, Anda bisa mendapatkan antara Rp300 ribu - Rp600 ribu, tergantung dari kemampuan yang Anda miliki untuk menjalankan salon tersebut.

    Peralatan yang dibutuhkan juga tidak perlu terlalu lengkap. Alat paling mendasar adalah gunting untuk potong rambut, kursi yang nyaman untuk salon dan kaca besar seperti layaknya salon sederhana. Beberapa alat tersebut sudah cukup untuk memulai usaha ini.

    Baca Juga: Contoh Studi Kelayakan Bisnis untuk UMKM dan UKM 

    Beternak Ayam atau Bebek

    Hewan ternak seperti ayam atau bebek tentu sudah sangat banyak dijumpai di perkampungan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu ide bisnis untuk para ibu di rumah. Para ibu rumah tangga bisa menambah penghasilan dengan beternak ayam kecil-kecilan.

    Setelah beberapa bulan, ayam atau bebek bisa dijual dan menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga. Penghasilannya berkisar di angka Rp300 ribu untuk setiap penjualan ayam, tergantung dari jumlah hewan yang diternak.

    bisnis ibu rumah tangga peternak ayam

    Bila Anda memilih ayam atau bebek untuk diternak, Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari menjual telur yang dihasilkan setiap hari. Ide ini mudah dilakukan dan aman untuk ibu rumah tangga. Anda tidak perlu pergi kemanapun untuk menjalankan bisnis ini.

    Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana

    Bagi para ibu rumah tangga yang menyukai tanaman, membuat budidaya tanaman hidroponik sederhana juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang dapat dilakukan. Tanaman hidroponik biasanya merupakan jenis tanaman sayuran yang menggunakan air sebagai media tanamnya.

    Baca Juga: Jenis Jenis Bisnis Online dan Contoh Bisnis Online 

    Budidaya tanaman hidroponik bisa dilakukan dari rumah. Bila dirata-rata, penghasilan bulanannya bisa mencapai Rp500 ribu. Tentu jumlah itu dapat membantu kondisi ekonomi keluarga sekaligus menjadi sarana para ibu rumah tangga untuk mengekspresikan diri.

    Agen Pulsa dan Kios Pembayaran

    Ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah juga dapat dilakukan dengan menjadi agen pulsa atau kios pembayaran untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti tagihan listrik, air, dan telepon. Di kampung, akses perbankan tentu masih sangat terbatas. Hal ini bisa menjadi celah bisnis untuk para ibu rumah tangga.

    bisnis pulsa dan pembayaran

    Keuntungan bila menjadi agen pulsa dan agen pembayaran berkisar antara Rp200 ribu - Rp400 ribu. Namun bila dilakukan dari rumah tentu jumlah ini cukup membantu dan dapat menambah penghasilan keluarga.

    Tinggal di kampung tentu tidak menjadi halangan bagi para ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis. Anda bisa mencoba beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga di kampung agar para ibu tidak bosan sekaligus dapat menambah penghasilan keluarga.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel