10 Ide Bisnis Jajanan Anak SD dan Tips Memulainya

Anak SD pasti suka dengan jajan. Inilah yang harusnya kita lihat sebagai peluang bisnis jajanan anak SD. Simak artikel lengkap berikut ini.

    Bisnis jajanan anak SD kini banyak dikenal sebagai salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Anak-anak usia Sekolah Dasar memiliki keinginan yang besar untuk membeli berbagai jenis jajanan di sekitar sekolah. Faktor ini membuat berbagai jenis jajanan anak SD selalu laris manis di pasaran.

    Beberapa tahun belakangan, jajanan yang populer di kalangan anak SD menjadi salah satu bisnis yang cukup diminati. Meskipun nilai jualnya terlihat kecil, namun tingkat penjualannya sangat tinggi setiap harinya sehingga menghasilkan keuntungan yang besar.

    Bagi Anda yang sedang mencari bidang bisnis yang paling cocok untuk digeluti, bisnis makanan bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk berbisnis. Ada banyak keuntungan dan tips mudah untuk memulai bisnis jajanan anak SD. Berikut ini merupakan pembahasan lengkapnya untuk Anda

    Ide Bisnis Jajanan Anak SD

    Mengapa Bisnis Jajanan Anak SD Cocok Untuk Dipilih?

    Banyak yang telah membuktikan bahwa bisnis makanan dan jajanan anak SD merupakan bisnis yang menguntungkan. Meskipun terlihat sebagai bisnis yang kecil, namun keuntungannya terbukti cukup besar.

    Jajanan anak SD juga diminati bukan hanya oleh anak usia Sekolah Dasar saja, namun banyak orang dewasa yang juga menyukai jenis jajanan ini. Lebih lanjut, berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa bisnis jajanan ini cocok untuk menjadi salah satu pertimbangan Anda, terutama bagi para pebisnis pemula.

    Modal Relatif Murah

    Bisnis jajanan anak SD membutuhkan modal yang relatif murah dibandingkan bisnis lain. Persiapan modal dan peralatan untuk memulai bisnis jajanan SD bisa dimulai dari modal yang kecil terlebih dahulu.

    Bagi para pebisnis pemula yang baru ingin mencoba menggeluti dunia bisnis, jajanan anak SD bisa menjadi pilihan yang tepat. Resiko dari bisnis ini juga tergolong kecil sehingga Anda tidak perlu takut akan mengalami kebangkrutan atau resiko lain.

    Modal untuk membuka bisnis jajanan bisa dikeluarkan secara bertahap, tergantung dari kemampuan Anda saat memulai bisnis. Poin ini cukup menguntungkan untuk Anda yang sedang mencari jenis bisnis dengan modal yang terjangkau.

    Tingkat Penjualan Tinggi

    Bisnis jajanan SD terbukti memiliki tingkat penjualan yang tinggi. Meskipun harganya terlihat murah, namun tingkat penjualan per hari tergolong cukup tinggi. Di setiap SD, Anda bisa menjual puluhan bahkan ratusan jajanan setiap harinya.

    Tentu tingkat penjualan produk yang ditawarkan harus menjadi pertimbangan ketika Anda akan memulai sebuah bisnis. Bisnis dengan tingkat penjualan yang tinggi akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan omzet yang tinggi per hari atau per bulan.

    Ide Bisnis Jajanan Anak SD

    Tidak Membutuhkan Banyak Peralatan Pendukung

    Jajanan anak SD biasanya memiliki bentuk dan bahan yang sederhana. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jajanan anak SD cukup mudah untuk dipersiapkan dan tidak membutuhkan terlalu banyak persiapan.

    Proses persiapan untuk memulai bisnis jajanan anak SD tidak menyulitkan Anda. Banyak orang yang ingin memulai bisnis yang simpel yang tidak membutuhkan banyak persiapan ketika akan memulainya. Bisnis jajanan anak SD juga bisa menghemat waktu Anda karena proses persiapan yang singkat.

    Tidak Membutuhkan Lokasi yang Luas

    Berbagai jenis jajanan anak SD tidak membutuhkan lahan bisnis yang luas. Mayoritas anak SD tidak membutuhkan tempat khusus untuk menunggu jajanan. Poin ini menjadi keuntungan untuk Anda yang ingin memulai bisnis jajanan anak SD.

    Anda tidak membutuhkan lokasi khusus atau tambahan biaya untuk membuka bisnis Anda. Cukup menggunakan lahan yang kecil, dan menggunakan dekor yang menarik, dijamin bisnis Anda dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

    Dengan resiko yang kecil dan modal yang terjangkau, Anda sudah bisa memulai untuk membuat bisnis baru. Jenis jajanan anak SD yang unik dan lezat dijamin akan mendatangkan keuntungan yang besar untuk Anda.

    Baca Juga: Pembahasan Lengkap Seputar Bisnis Digital yang Wajib Kamu Ketahui 

    10 Pilihan Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terbaik

    Bagi para pelaku bisnis pemula yang ingin mencoba bisnis kuliner jajanan SD, berikut ini adalah 10 ide bisnis jajanan anak SD yang bisa Anda coba. Beberapa jenis jajanan ini tidak hanya laku keras di Ibukota, namun juga di berbagai kota di Indonesia.

    Ide Bisnis Jajanan Anak SD

    Bakso Bakar

    Tentu Anda sudah mengenal jajanan bakso bakar. Jajanan bakso bakar menjadi salah satu jenis jajanan anak SD yang paling banyak diminati. Biasanya, bakso bakar disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Kemudian, bakso dibakar dengan menggunakan bumbu kecap dan saos.

    Rasa yang manis dan pedas membuat banyak orang tertarik untuk menikmati jajanan ini. Bagi anak SD, jajanan jenis ini tergolong menarik dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis kuliner jajanan, bakso bakar bisa menjadi salah satu pilihan.

    Mie Lidi atau Mie Kering

    Bagi anak 90an, jajanan mie kering atau mie lidi tentu bukan merupakan hal yang asing. Mie lidi merupakan jajanan sejenis mie kering yang nantinya akan disajikan bersama dengan bumbu bubuk berbagai rasa. Popularitasnya ternyata tidak lekang oleh zaman.

    Hingga saat ini, mie lidi masih sangat diminati oleh anak SD hingga orang dewasa. Bahkan kini mie lidi banyak disajikan dengan pilihan rasa yang lebih variatif sehingga anak-anak semakin berminat. 

    Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung yang Mudah

    Popularitas mie lidi yang tidak pernah lekang dimakan usia menjadi salah satu kesempatan bisnis yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis mie lidi relatif terjangkau. Bila Anda tidak ingin memproduksi mie lidi sendiri, Anda bisa menggunakan sistem franchise dan menjual mie lidi yang sudah siap santap.

    Harga jualnya pun tergolong murah. Anak-anak SD yang masih memiliki uang saku yang terbatas bisa turut membeli jajanan ini. Dijamin tingkat penjualannya cukup tinggi setiap harinya. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis jajanan SD, mie lidi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik.

    Telur Gulung

     

    Ide Bisnis Jajanan Anak SD

    Ide lain yang bisa digunakan sebagai salah satu lahan bisnis jajanan anak Sd adalah telur gulung. Telur gulung sebenarnya hanya sajian telur goreng yang kemudian digulung menggunakan tusuk sate. Rasanya yang gurih, harganya yang murah dan bentuknya yang unik menjadikan jajanan ini sangat digemari anak SD hingga orang dewasa.

    Pada penyajiannya, Anda bisa menambahkan bumbu bubuk pedas ataupun saus sambal yang memiliki rasa pedas. Dijamin anak-anak akan sangat menyukainya. Cara pembuatannya juga cukup simpel. seperti halnya Anda membuat telur goreng biasa.

    Bila dilihat dari segi besaran modal awal yang harus dikeluarkan, bisnis telur gulung hanya membutuhkan modal sedikit untuk memulainya. Bila Anda belum bisa membeli telur dalam jumlah terlalu banyak, Anda bisa memulainya dari jumlah yang sedikit terlebih dahulu.

    Martabak Manis Mini

    Siapa yang tidak mengenal martabak manis. Selain menjadi salah satu jenis jajanan favorit bagi orang dewasa, ternyata martabak manis juga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu ide bisnis jajanan SD. Hanya saja, ukuran dan jenis toppingnya harus disesuaikan dengan keinginan anak SD.

    Martabak manis untuk jajanan anak SD biasanya disajikan dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, topping atau isian yang ditawarkan sebaiknya lebih bervariasi sehingga anak-anak semakin berminat untuk mencicipinya. Dari segi harga, usahakan untuk selalu menjual jajanan anak SD dengan harga yang terjangkau.

    Cilok atau Cimol

    Tentu sebagian besar dari Anda sudah mengenal jenis jajanan yang satu ini. Di hampir semua daerah di Indonesia, cimol dan cilok memang menjadi jenis makanan yang paling diminati. Meskipun hanya terbuat dari tepung, namun cilok yang telah dicampur dengan berbagai bumbu lezat membuat cita rasa jajanan ini menjadi unik.

    Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Di Pedesaan Paling Recommended di 2021

    Harganya juga sangat terjangkau sehingga bisa mencakup segmen pasar mulai dari anak usia SD hingga orang dewasa. Hal ini membuat cilok dan cimol menjadi salah satu jenis jajanan yang cocok untuk menjadi pilihan bisnis baru Anda. Bila Anda ingin mencoba menjual jajanan SD yang menarik, cimol dan cilok bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

    Makaroni Pedas

    Siapa yang tidak mengenal makaroni pedas. Jajanan ini sudah populer untuk dijajakan di sekolah-sekolah sejak puluhan tahun silam. Rasanya juga beragam. Banyak yang menyukai jenis makaroni goreng yang ditaburi bumbu pedas. Cita rasanya yang khas membuat jajanan ini masih sangat populer, terutama di kalangan anak SD.

    Makaroni Basah Manis

    Sebagai salah satu variasi dari sajian makaroni goreng yang memiliki rasa pedas, Anda juga bisa memulai bisnis dengan jenis makanan makaroni basah yang diberi campuran bumbu. Makaroni basah pedas manis kini juga cukup populer di kalangan anak SD karena harga yang terjangkau dan rasa yang lezat.

    Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper: Pengertian dan Keuntungan

    Kue Lekker

    Kue lekker merupakan salah satu jenis jajanan kuno yang masih bertahan hingga saat ini. Anda bisa memilih kue lekker untuk memulai bisnis kuliner Anda. Banyaknya penggemar menjadikan sajian ini cukup aman bagi para pebisnis pemula. Dengan kata lain, memulai bisnis kue lekker tergolong minim resiko dibandingkan dengan jenis bisnis yang lain.

    Milkshake dan Boba

    Popularitas milkshake dan boba tentu sudah tidak diragukan lagi. Kesegaran rasa minuman ini membuat banyak anak tertarik untuk mencobanya. Ditambah lagi berbagai rasa yang menarik membuat milkshake dan boba kian populer di kalangan masyarakat.

    Jual Makanan Kemasan

    Opsi lain untuk berbisnis jajanan anak SD juga bisa dilakukan dengan menjual makanan kemasan yang sudah banyak tersedia. Anda hanya perlu membeli berbagai snack kemasan melalui distributor dengan jumlah tertentu.

    Keuntungan dari penjualan makanan kemasan cukup besar. Hal ini dipengaruhi dari tingkat penjualan yang bisa didapatkan per hari juga tergolong tinggi. Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai salah satu pilihan untuk mendapatkan keuntungan.

    Inspirasi atau ide bisnis jajanan anak SD bisa disesuaikan dengan keadaan dan situasi di lokasi tempat Anda akan membuka bisnis tersebut. Tentukan setelah Anda melakukan survey secara menyeluruh ke lokasi usaha.

    Baca Juga: 6 Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

    Tips Memulai Bisnis Jajanan Anak SD

    Sebelum memulai bisnis jajanan anak SD, ada beberapa tips yang sebaiknya dijalankan. Berikut ini adalah tips memulai bisnis jajanan anak SD yang bisa diterapkan sebelum memutuskan bisnis mana yang akan dijalankan.

    Ide Bisnis Jajanan Anak SD

    Survey Segmen Pasar di Beberapa Lokasi

    Survey segmen pasar merupakan hal yang paling mendasar untuk dilakukan. Survey ini dapat membantu Anda untuk menentukan jenis jajanan apa yang akan Anda jual.

    Survey dan Pemilihan Lokasi Untuk Berjualan

    Setelah melakukan survey segmen pasar dan kepada siapa Anda akan menjual jajanan tersebut, selanjutnya adalah proses pemilihan lokasi untuk berjualan. Sebaiknya lokasi berjualan ditentukan berdasarkan tingkat keramaian dan banyaknya pembeli potensial di lokasi tersebut.

    Baca Juga: Persiapan Sebelum Memulai Usaha UMKM dan UKM

    Memilih Jenis Jajanan yang Akan Dijual

    Proses selanjutnya adalah menentukan jenis jajanan apa saja yang akan dijual. Anda bisa menyesuaikannya dengan lokasi dan selera pasar di kawasan tersebut. Pilihlah jajanan yang paling banyak diminati sehingga hasil penjualan harian Anda berada di level yang aman, bahkan tinggi.

    Persiapan dan Memulai Bisnis

    Bila Anda telah menentukan semua hal, termasuk beberapa hal yang paling detail, kemudian Anda bisa memulai proses persiapan untuk membuka bisnis. Proses persiapan bisa dimulai dari penghitungan modal hingga pembelian bahan baku yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut.

    Baca Juga: Jenis Jenis Bisnis yang Paling Membutuhkan Pengamatan dalam Pelaksanaannya

    Jenis bisnis jajanan anak SD bisa dilakukan di hampir semua wilayah Indonesia. Dengan perencanaan bisnis yang tepat dan perhitungan yang matang, bisnis jajanan anak SD dapat menghasilkan keuntungan dengan jumlah yang fantastis.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel