Pembahasan Lengkap Seputar Bisnis Digital yang Wajib Kamu Ketahui

Bisnis digital salah satu solusi terbaik untuk mencari uang. Jadi pelajarilah dengan sungguh sungguh seputar bisnis digital.

    Industri 4.0 sudah di depan mata, dan mau tidak mau pengusaha harus mulai mengikuti arusnya. Karena kalau tidak, maka bisa membuat pengusaha tersebut menjadi ketinggalan. Salah satu cara untuk terus mengikuti arusnya adalah perlahan mengenal tentang bisnis digital.

    Diharapkan nantinya saat sudah mengenal lebih jauh tentang bisnis digital ini, maka kedepannya pengusaha bisa mulai menerapkannya. Sehingga bisnis konvensional dan digital bisa dilakukan berbarengan untuk memperbesar keuntungan.

    bisnis digital

    Pengertian Bisnis Digital

    Bisnis digital merupakan bagian dari transformasi digital yang merupakan adopsi teknologi untuk mengubah layanan atau bisnis, dengan mengubah prosesnya. Tadinya proses yang dilakukan adalah manual atau non-digital, maka kini semuanya dilakukan secara digital.

    Pengertian bisnis digital secara spesifik adalah bisnis jasa yang bergantung dengan kecanggihan teknologi. Sehingga pelaksanaannya bergantung dengan kecanggihan teknologi, ketika membuat suatu produk ataupun saat proses pemasarannya. 

    pengertian bisnis digital

    Mungkin banyak yang berpikiran kalau bisnis ini fokus pada penjualan produk tanpa ada bentuk fisiknya, misalnya penjualan software, pembuatan aplikasi ataupun web, dsb. Padahal semua kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dan memanfaatkan produk digital, bisa dikategorikan sebagai bisnis online atau bisnis digital.

    Cara Melakukan Bisnis Digital

    Untuk membuat bisnis digital yang sukses, maka pengusaha harus mengetahui bagaimana langkah yang harus diambil. Minimal pengusaha memahami bagaimana cara melakukannya, sehingga tidak terjadi kesalahan saat prakteknya.

    Cara melakukan bisnis ini sendiri bukan hal yang sulit, justru pada beberapa bagian pada bisnis ini yang lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan bisnis konvensional. Berikut ini bagaimana cara yang bisa dilakukan, diantaranya.

    cara melakukan bisnis digital

    1. Melakukan Sharing

    Bagi yang masih awam dan benar-benar tidak mengetahui tentang bisnis ini sama sekali, maka tidak ada salahnya untuk melakukan sharing terlebih dahulu. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan komunitas bisnis digital.

    Namun begitu, sebelum bergabung pastikan dulu kredibilitas yang dimiliki oleh komunitas bisnis tersebut. Selain bergabung dengan komunitas, sharing juga bisa dilakukan dengan orang-orang yang memang mengerti dan bisa dipercaya.

    2. Mengenali Peluang yang Terbaik

    Business is all about opportunity, semuanya tentang peluang dan bagaimana caranya memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi sebuah keuntungan. Buatlah beberapa rincian terkait dengan peluang yang ada, lalu urutkan mana kiranya yang bisa menjadi peluang terbaik.

    Ada banyak sekali peluang yang bisa dilakukan di dalam bisnis ini, karena memang bisnis ini semakin berkembang. Jadi jangan malas untuk melakukan observasi yang menyeluruh, dan pastikan untuk memilih peluang yang memang sesuai dengan kemampuan.

    melakukan bisnis digital

    3. Mencari Tahu Keinginan Masyarakat

    Apa sih sekarang yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat, atau apa sih yang sekarang menjadi keinginan masyarakat? Hal inilah yang harus diperhatikan dengan baik, utamanya adalah kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui teknologi yang dimilikinya.

    Dari mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat melalui perangkat teknologinya, maka pengusaha bisa hadir dalam bentuk solusi. Jadi solusi inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai dasar utama untuk melakukan sebuah usaha digital.

    4. Membuat Business Plan

    Setelah mengetahui kiranya bisnis apa yang ingin dijalankan, maka mulailah dengan membuat sebuah perancanaan bisnis yang matang. Rencana bisnis atau business plan yang baik biasanya akan sangat membantu keberlangsungan usaha kdepannya.

    Di dalam rencana bisnis ini bisa dimuat bagaimana cara melakukan transaksi, mendapatkan barang, proses pemasaran yang dilakukan, sampai perencanaan keuangannya. Selain itu di dalam rencana bisnis ini juga terdapat perkiraan terkait dengan kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

    Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis: Tujuan, Syarat, Aspek, Contoh, dan Manfaat

    5. Mengatur Strategi yang Tepat

    Setelahnya mengatur strategi yang sesuai, pastikan untuk membuat langkah-langkah yang tepat untuk membuat usaha ini menjadi sukses. Sebenernya strategi ini sudah ada di rencana bisnis, hanya saja disini dibutuhkan kemampuan yang sebenarnya dari pengusaha.

    Dengan strategi yang baik, dan sesuai kemampuan maka kemungkinan sebuah usaha digital menjadi sukses akan lebih mudah untuk terjadi. Sehingga pastikan bahwa kemampuan untuk menjalankan strategi yang ditetapkan sudah terasah dengan baik demi kelancaran bisnis yang dijalankan.

    cara melakukan bisnis digital

    6. Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi

    Terakhir hal yang bisa dilakukan, dan harus dilakukan dengan baik adalah mengoptimalkan penggunaan teknologinya. Namanya saja bisnis digital jadi penggunaan teknologi harus benar-benar ditekankan dengan baik dalam semua proses bisnisnya.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan tempat usaha untuk penggunaan handphone. Karena handphone saat ini merupakan perangkat digital yang paling banyak digunakan, sehingga untuk menjangkau pelanggan akan lebih mudah.

    Ide Bisnis Digital

    Tren bisnis atau usaha digital ini memang selalu menunjukan angka yang positif. Bahkan untuk bisnis digital 2020 saja disaat kebanyakan usaha mengalami keterpurukan, bisnis ini justru masih kokoh berdiri dan stabil, meskipun ada sedikit yang goyah.

    Melihat tren bisnis digital yang sangat positif ini, tentunya tidak ada salahnya untuk memulai dan langsung terjun ke dalamnya. Tenang saja bagi yang baru mau memulai, karena ada banyak sekali ide bisnis digital yang bisa dilakukan beberapa diantaranya.

    ide bisnis digital

    1. Membuat Toko Online

    Bisnis digital pertama yang bisa dibuat adalah membuat toko online yang merupakan sebuah website atau platform untuk melakukan transaksi jual beli online. Trend yang ditunjukan oleh bisnis ini semakin positif setiap tahunnya, dengan angka peningkatan yang signifikan.

    Melihat potensi dari e-commerce yang semakin menjanjikan setiap saatnya, maka membuat toko online bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat. Lebih disarankan lagi kalau bisa membuat toko online ini secara mandiri, tidak harus bergabung dan bergantung dengan platform marketplace.

    2. Menekuni Bisnis Afiliasi

    Afiliasi ini sebenarnya sekilas mirip seperti marketing karena pekerjaannya memasarkan produk orang lain, dan nantinya akan ada komisi yang diberikan. Hanya saja bisnis ini memiliki tiga jenis tambahan dan membuatnya berbeda dengan marketing konvensional.

    Pertama dengan menggunakan kode referral yang didapatkan setelah menjadi bagian dari afiliasi suatu perusahaan. Kedua bekerja untuk memasarkan produk dengan menggunakan website atau blog pribadi, dan ketiga tautan website untuk mendapatkan bagi hasil yang dibutuhkan.

    ide bisnis digital berprospek tinggi

    3. Membuat Blog

    Memiliki kemampuan menulis dengan baik, dan memahami seluk beluk dunia internet maka blog merupakan salah satu bisnis yang bisa dilakukan. Pastikan untuk membuat konten yang menarik sehingga mampu menarik minat pengunjung.

    Setelah berhasil untuk membuat blog yang menarik dan bisa mendatangkan banyak pengunjung, maka mulailah untuk membuatnya menjadi ladang penghasilan. Buatlah space di blog untuk menempatkan iklan atau adsense, penghasilannya sangat lumayan.

    4. Menjual Hasil Tulisan

    Selain membuat sebuah blog, hal lainnya yang bisa dilakukan apabila memiliki kemampuan menulis yang baik adalah menjual hasil tulisan. Saat ini konten digital merupakan hal yang paling banyak dibutuhkan karena merupakan salah satu hal yang bisa menunjang kegiatan usaha digital.

    Penghasilan dari bisnis yang satu ini juga lumayan, dan mudah untuk dilakukan sehingga bisa menjadi usaha sampingan. Buatlah sebuah kontrak perjanjian dengan agensi penulisan tertentu sehingga bisa memberikan hasil yang lumayan.

    5. Photography

    Konten lainnya yang juga dibutuhkan dalam dunia usaha digital ini adalah fotografi dengan menjual beragam hasil foto yang dimiliki untuk keperluan komersil. Penjualan produk yang memiliki hak cipta seperti ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar.

    6. Bisnis Dropship

    Ingin mencoba bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal besar, maka bisa mencoba bisnis yang satu ini. Hal ini dikarenakan bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal seperti harus melakukan stok barang dahulu, ataupun harus menyediakan sebuah gudang untuk menyimpan barang.

    Beberapa hal itulah yang membuat bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil jika dibandingkan beberapa bisnis yang lain, karena hanya mengandalkan kemampuan menjual saja. Tapi, bisnis ini jelas berbeda dengan bisnis afiliasi karena afiliasi adalah marketer.

    Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper: Pengertian dan Keuntungan

    7. Menawarkan Jasa Pembuatan Web

    Website menjadi “kantor” untuk melakukan sebuah tempat usaha digital sehingga kehadirannya benar-benar sangat penting. Jadi jika memiliki kemampuan untuk bisa membuat sebuah website, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini.

    Apalagi saat ini kebutuhan untuk website semakin meningkat dan menunjukan trend yang positif setiap tahunnya. Sehingga tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan membuka usaha ini, apalagi penghasilan yang diberikan sangat lumayan.

    ide bisnis digital terbaik

    8. Menjadi Influencer

    Instagram dan sosial media lainnya saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang, dan ternyata hal itu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan ladang penghasilan. Orang-orang ini biasa disebut dengan influencer dan memberikan penghasilan yang lumayan dan peluangnya menjanjikan.

    Untuk menjadi seorang influencer langkah yang bisa dilakukan tentunya harus bertahap karena hal yang paling penting adalah membuat konten yang menarik. Nantinya setelah membuat konten yang menarik, maka pengunjung bisa berdatangan dan nanti tawaran bisnis juga akan menyusul.

    9. Konsultan SEO

    Dunia internet sebenarnya sangat mudah untuk menjalankannya, salah satu kunci untuk bisa sukses baik itu di web ataupun di blog adalah SEO. Karena peran SEO ini sangat penting, maka banyak yang berusaha untuk mengoptimalkan hal tersebut.

    Apabila memiliki kemampuan yang lebih dalam hal SEO ini, maka itu merupakan peluang yang sangat bagus. Jadilah seorang konsultan SEO untuk membantu perusahaan meningkatkan konten digital yang dimilikinya, tenang saja penghasilan dari bisnis ini sangatlah lumayan.

    10. Membuat Aplikasi untuk Mobile

    Saat ini mobile atau handphone merupakan perangkat digital yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, di Indonesia saja sudah lebih dari 200juta jiwa. Tentunya itu angka yang sangat banyak, dan merupakan pasar yang memiliki potensi tinggi.

    Apabila memiliki keahlian ini maka tidak ada salahnya untuk mulai membuat aplikasi ini baik itu untuk platform android, dan juga apple. Terus tekuni bisnis digital ini, dan selalu tekun untuk memastikan aplikasi yang dibuat menarik dan bisa membuat pengunjung berdatangan.

    11. Membuka Tempat Belajar Online

    Kegiatan belajar online saat ini tengah digemari oleh masyarakat karena kemudahan yang ditawarkannya sehingga seseorang bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Apalagi biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah, jadi penggemarnya semakin banyak.

    Melihat penggemarnya yang semakin banyak, tentunya ini menjadi sebuah peluang yang harus digali. Karena tentunya yang menjadi konsumen potensial juga semakin banyak, jadi sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

    ide bisnis digital terpercaya

    12. Menjadi Jasa Penerjemah

    Industri 4.0 tidak hanya berpengaruh terhadap perubahan bisnis dari konvensional menjadi digital saja, tapi lebih dari itu bisnis ini membawa perubahan besar. Salah satunya adalah pertukaran budaya yang terjadi karena banyaknya masyarakat asing yang bekerja disini, dan sebaliknya.

    Hal tersebut menyebabkan kemampuan berbahasa asing menjadi kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Salah satu peluang yang bisa diciptakan dari hal ini adalah menjadi seorang penerjemah, dan membuka jasa untuk menerjemahkan beberapa hal sesuai keinginan client.

    13. Youtuber

    Terakhir ada youtuber, profesi yang diinginkan oleh semua milenial karena bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Profesi ini juga semakin lama semakin berkembang sehingga akhirnya menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

    Cara untuk membuat youtube ini menjadi ladang usaha sangat banyak, dimulai dari menempatkan iklan sampai yang terakhir menerima endorse. Semuanya bisa menjadi ladang bisnis yang pastinya bisa memberikan keuntungan lumayan, bahkan penghasilannya bisa milyaran rupiah per tahun.

    Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga di Kampung yang Mudah

    Langkah-Langkah untuk Memulainya

    Setelah mengetahui ide untuk usaha digital, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana langkah untuk memulainya. Tenang saja, ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah yang dibutuhkan untuk membuat bisnis digital semakin sukses.

    langkah langkah memulai bisnis digital

    1. Mengetahui Kemampuan yang Dimiliki

    Langkah awal haruslah menjadi langkah yang paling penting, karena nantinya langkah ini akan menentukan kesuksesan usaha. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui kemampuan yang dimiliki, memahami dengan benar potensi yang dimiliki dan menggalinya.

    2. Kembangkan Kemampuan Analisis yang Dimiliki

    Syarat menjadi pengusaha sukses adalah mampu mengambil keputusan terbaik dalam segala sesuatu. Keputusan ini bisa dibuat apabila memiliki kemampuan analisa yang baik. Kemampuan analisa ini timbul dari kemampuan berpikir, dan juga perasaan tajam yang dimiliki sehingga keduanya harus terasah.

    3. Membuat Rencana Bisnis Digital

    Setelah mengetahui kemampuan apa yang dimiliki, maka sudah mulai bisa menentukan ingin membuat bisnis jenis apa. Disaat seperti inilah sebuah rencana bisnis diperlukan agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Pastikan untuk merencanakan semuanya dengan baik, dan juga rapih.

    4. Mencatat Tujuan dari Usaha dengan Jelas

    Setiap hal yang dilakukan pasti memiliki sebuah tujuan, begitu juga ketika sedang menjalankan sebuah usaha pasti ada target yang ingin dicapai. Catet semua target usaha yang ingin dicapai dan pastikan untuk menjalankan semuanya sesuai dengan rencana.

    Baca Juga: 6 Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

    5. Meningkatkan Wawasan Teknologi

    Kembali lagi ini adalah sebuah bisnis yang mengandalkan teknologi, dari mulai pemanfaatan internet sampai penggunaan perangkat digital. Oleh karena itu pastikan untuk selalu meningkatkan wawasan terkait dengan teknologi, karena setiap saatnya teknologi terus berinovasi dan berkembang.

    6. Mengatur Strategi

    Strategi merupakan hal yang penting untuk disiapkan dengan baik karena berhubungan dengan langkah yang harus dilakukan saat membuat usaha. Karena itu meskipun terlihat mudah, namun jangan melupakan hal ini karena sifat dari strategi ini penting.

    7. Merencanakan Keuangan

    Bisnis tidak jauh-jauh urusannya dengan keuangan, dari mulai pembukaan awal dibutuhkan modal sampai pelaksanaannya membutuhkan sebuah biaya operasional. Jadi harus benar-benar teliti dalam hal keuangan, dan buatlah sebuah perencanaan yang matang.

    8. Bersifat Terbuka Terhadap Kritik dan Saran yang Diberikan

    Sesudah terjun ke dunia bisnis, jangan pernah menjadi orang yang bersifat tertutup dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain sama sekali. Karena bisnis ini terkait dengan pelayanan masyarakat, jadi saat ada kritik atau saran yang diberikan terimalah dengan baik sebagai bahan pelajaran.

    9. Mencari Partner Bisnis yang Sesuai

    Terakhir carilah seseorang yang kiranya bisa menjadi partner bisnis yang sesuai dengan visi misi usaha. Dengan mencari orang yang satu pandangan, maka bukan tidak mungkin jika nantinya untuk membentuk tim yang solid menjadi lebih mudah dilakukan.

    Jenis Model Bisnis Digital

    Mungkin saat tiba pada pembahasan ini banyak yang bingung kenapa kembali dibahas jenis bisnis digital, apa bedanya dengan ide yang sebelumnya dibahas. Keduanya jelas berbeda karena ini adalah jenisnya yang artinya merupakan contoh atau kelompok besar dari idenya. Berikut ini adalah jenis-jenis yang ada.

    jenis model bisnis digital

    1. Brokerage/Marketplace

    Bisnis ini merupakan wadah yang disediakan untuk mempertemukan pembeli dan penjual dalam satu platform. Biasanya jenis penjual yang ada di platform ini sangat banyak. Nantinya pihak marketplace mendapatkan keuntungan dari biaya layanan penggunaan platform, bagi hasil, ataupun jasa iklan yang dipakai oleh penjual.

    2. Advertising

    Sesuai dengan namanya, bisnis ini berkaitan dengan periklanan yang menghubungkan para pemasang iklan dengan pemilik media. Untuk keuntungannya bisnis ini mendapatkan dari biaya iklan yang ditawarkan, ataupun persentase komisi penjualan iklan.

    3. Infomediary

    Disini konsumen yang membutuhkan sebuah informasi akan langsung dihubungkan dengan para pemilik informasi yang sifatnya spesifik dan memiliki nilai. Keuntungan akan didapatkan ketika ada yang berlangganan, dan juga mengakses halamannya.

    4. Merchant

    Bagi pelaku usaha bisnis padi sudah tidak asing dengan jenis bisnis yang satu ini. Hal ini dikarenakan bisnis ini sudah ada dari sebelum bisnis digital berkembang. Jadi bisnis ini hanya berbeda pada beberapa hal saja seperti pemanfaatan teknologi digital yang hampir mencapai 100%.

    5. Manufacturer

    Pengolahan bahan mentah untuk menjadi barang produksi tentunya akan memberikan banyak keuntungan, apalagi jika kegiatannya dilakukan secara digital. Keefektifan dalam hal pemasaran dengan menggunakan perangkat digital akan lebih membantu untuk meningkatkan keuntungan.

    Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Di Pedesaan Paling Recommended di 2021

    6. Affiliate

    Sekilas bisnis ini sama seperti marketing kalau dibisnis offline, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Jadi bisnis ini hanya seputar menawarkan produk dan jasa yang dimiliki oleh suatu perusahaan secara langsung kepada konsumen.

    7. Community

    Hal yang menjadi andalan utama dalam menjalankan bisnis ini adalah engagement dan komunitas aktif. Biasanya keuntungan yang didapatkan oleh jenis bisnis ini adalah dari biaya langganan, berjualan langsung, jasa iklan, dan hal lainnya.

    8. Subscription

    Pengguna handphone yang sering menggunakan layanan pemutar musik, pasti sudah tidak asing dengan bisnis ini. Jadi bisnis ini akan memberikan biaya kepada konsumen dengan jumlah tertentu. Pemberian biaya ini bertujuan sebagai ganti untuk memanfaatkan layanan yang ditawarkan.

    9. Utility/On-demand

    Bisnis yang satu ini masih sama-sama pemberian biaya, namun ini sesuai dengan layanan yang digunakan. Misalkan menggunakan layanan iklan dari google supaya produk yang ditawarkan selalu muncul dihalaman utama dan paling atas saat ada orang yang mencarinya. Keuntungan yang didapat bisa dari biaya berlangganan.

    Baca Juga: Jenis Jenis Bisnis Online dan Contoh Bisnis Online

    Keunggulan Bisnis Digital Dibanding Produk Fisik

    Kelebihan bisnis digital bisa dibilang sangat banyak dibandingkan dengan penjualan konvensional yang lebih banyak mengandalkan produk fisik. Oleh karena itu tidak heran jika banyak pengusaha yang mulai perlahan beralih menggunakan bisnis ini. Berikut ini adalah lima keunggulan utama dari bisnis ini, diantaranya.

    keunggulan bisnis digital

    1. Biaya Operasional Lebih Murah

    Pertama jelas dari segi biaya bisnis yang satu ini jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Karena dalam menjalankan bisnis ini karyawan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, tidak perlu juga membuat toko fisik seperti bisnis konvensional jadi jelas lebih hemat biaya.

    2. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

    Internet memiliki kelebihan yaitu tidak terbatas ruang dan juga waktu, oleh karena itu bisnis ini mampu menjangkau lebih banyak konsumen jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Pemasaran yang dilakukan bisa lebih luas, tidak hanya satu titik saja.

    3. Lebih Mudah Dilakukan

    Bisnis ini memiliki pola yang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan bisnis konvensional, apalagi kalau bisnis yang dilakukan sesuai dengan keinginan. Maka pasti pelaksanannya, dan dalam menjalankan kegiatan akan lebih menyenangkan dan mudah.

    4. Mendongkrak Penjualan

    Sebelumnya sudah dibahas bahwa pemasaran menggunakan internet tidak terbatas pada ruang dan waktu. Karena luasnya target pemasaran tersebut, maka kemungkinan untuk mendongkrak penjualan menjadi semakin besar.

    5. Membantu Memenangkan Persaingan

    Terakhir bisnis ini membantu bisnis-bisnis kecil untuk maju, dan memenangkan persaingan. Utamanya adalah persaingan dengan perusahaan besar yang terlebih dahulu memiliki nama. UMKM sangat disarankan untuk menggunakan metode bisnis yang satu ini.

    Baca Juga: Persiapan Sebelum Memulai Usaha UMKM dan UKM

    Cara Pemasaran Produk Digital

    Kesuksesan sebuah bisnis, baik itu bisnis digital atau konvensional berawal dari pemasarannya. Apabila pemasarannya dilakukan dengan baik, maka pasti bisnis ini bisa sukses. Karena itu disini akan diberikan cara bagaimana untuk memasarkan produk digital yang baik untuk menarik minat pelanggan.

    cara pemasaran produk digital

    1. Memahami Target Pasar

    Target pasar berkaitan dengan konsumen yang ingin dituju, karena itu hal ini harus diamati dan dipahami lebih dahulu. Jadi disini target pasar itu berkaitan dengan sesuatu yang sedang tren baik itu produk ataupun jasa yang ada di pasaran saat ini.

    2. Menganalisa Persaingan yang Ada

    Namanya usaha pasti ada saja saingan yang dimiliki, karena itu penting untuk mengamati persaingan yang ada terkait dengan produk yang ditawarkan. Misalnya produk yang ditawarkan serupa, maka perhatikan apa yang bisa dikalahkan dari produk pesaing seperti harga mungkin atau kualitasnya.

    3. Memaksimalkan Konten Digital

    Penting sekali untuk memanfaatkan konten digital dengan sebaik-baiknya sebagai bagian dari pemasaran. Oleh karena itu manfaatkan dengan baik konten digital ini untuk memasarkan usaha yang ditawarkan, dengan begitu maka hasil yang diapat bisa lebih maksimal dan sesuai dengan keinginan.

    4. Memberikan Penawaran Spesial

    Siapa yang tidak suka promo? Tentu saja semua orang menyukai hal tersebut, maka manfaatkan hal itu dengan baik. Untuk itu ada baiknya untuk memberikan penawaran special bagi produk yang ditawarkan dengan tujuan untuk menarik minat pelanggan lebih banyak.

    5. Membuat Produk Lebih Unggul Dibanding Lainnya

    Produk harus dibuat dengan sebaik mungkin, karena itu pastikan untuk membuat produk yang lebih unggul dari yang lainnya di pasaran. Misalkan dalam membuat produk digital seperti buku digital, maka sajikan dalam bentuk yang menarik supaya pelanggan lebih tertarik untuk mendapatkannya.

    6. Berperan Aktif Mengajak Customer

    Konsumen itu adalah target utama dari setiap bisnis, apalagi untuk bisnis digital dan usaha yang menjual produk digital maka kehadiran konsumen sangatlah penting. Karena itu pastikan untuk selalu aktif mengajak konsumen supaya konsumen mau hadir dan terus mendukung produk yang dimiliki.

    7. Membuat Presentasi Produk yang Menarik

    Pastikan untuk membuat tampilan dan presentasi produk yang menarik dan enak dipandang mata dengan tujuan untuk membuat konsumen lebih menginginkan produk tersebut. Dengan presentasi yang menarik, maka lebih mudah untuk mendapatkan minat pelanggan dan membuat pelanggan tertarik mengunjungi usaha yang dibuat.

    8. Mengoptimalkan SEO

    Lagi-lagi semua ini berkaitan dengan SEO karena memang hal tersebut memiliki peran yang penting untuk bisnis ini. Karena itu pastikan untuk mengoptimalkan hal ini supaya produk menjadi lebih mudah ditemukan. Dengan begitu maka usaha bisa lebih dikenal oleh konsumen dan target pemasaran menjadi lebih luas.

    9. Inbound Marketing

    Strategi pemasaran ini adalah memasarkan produk yang dimiliki kepada konsumen dalam jejaring online. Hal ini dilakukan menggunakan metode komunikasi yang sifatnya efektif kepada pelanggan sehingga suasana yang baik dapat tercipta antara pelanggan dan pembeli. Hal tersebut dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk.

    10. Artificial Intelligence

    Terakhir hal yang bisa dimanfaatkan adalah artificial intelligence atau AI yang bisa memberikan kepuasaan tersendiri kepada konsumen yang melihatnya. Sehingga konsumen bisa tertarik untuk mengenal produk itu lebih jauh, dan memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan produk tersebut.

    Konsep Bisnis Digital

    konsep bisnis digital

    Bisnis ini tentu memiliki konsepnya sendiri. Hal utama yang menjadi konsep bisnis digital adalah kemudahan, dimana pengusaha maupun konsumen sama-sama diberikan kemudahan dalam hal akses yang diinginkan. Pengusaha bisa dengan mudah mendapat konsumen, konsumen bisa dengan mudah mendapatkan keinginannya.

    Konsep selanjutnya adalah jangkauan, dan juga inovasi. Jadi diharapkan dengan mulai terjun aktif ke dalam bisnis ini pengusaha bisa terus berinovasi. Konsumen juga bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas terkait keinginannya.

    Mempelajari Bisnis Digital Secara Otodidak

    Bukan hal yang sulit untuk mempelajari bisnis ini secara mandiri karena sekarang sudah banyak platform yang menjadi tempat untuk lebih mengenal bisnis ini. Karena banyaknya pilihan tersebut, pastikan untuk memahami dulu apa yang hendak dipelajari. Kalau dalam bisnis ini ada lima hal penting harus dipelajari dari awal.

    Kelimanya dianggap menjadi kunci utama untuk menentukan apakah usaha digital bisa sukses atau tidak. Adapun kelima usaha hal tersebut diantaranya:

    • Pembuatan konten. Pastikan untuk membuat konten yang menarik supaya bisa menarik minat pelanggan.
    • SMO (Social Media Optimization). Membantu pengusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sosial media yang dimilikinya dengan tujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
    • SMM (Social Media Marketing). Mempelajari bagaimana caranya memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pemasaran.
    • SEO (Search Engine Optimization). Berhubungan dengan internet agar konten yang dibuat mudah ditemukan oleh pencuri, dan selalu berada di halaman utama.
    • SEM (Search Engine Marketing). Upaya mengembangkan bisnis dengan membayar melalui platform google, dengan budget yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

    Manfaat Bisnis Digital

    Lalu apa manfaat dari bisnis ini sebenarnya, apakah hal tersebut hanya bisa dirasakan oleh perusahaan saja. Bagaimana dengan pelanggan, apakah pelanggan juga akan merasakan manfaat yang sama? Hal tersebut akan dibahas secara lengkap disini.

    manfaat bisnis digital

    Bagi Perusahaan

    Tentu saja manfaat yang dirasakan untuk perusahaan sangat banyak. Dimulai dari kemudahan dalam menjangkau konsumen, lebih hemat biaya, bisa mengikuti perkembangan zaman, mendapatkan konsumen lebih banyak, terjun langsung dan berhubungan dengan konsumen, dan masih banyak lagi.

    Bagi Konsumen

    Untuk konsumen sebenarnya manfaat yang diberikan oleh bisnis ini tidak kalah banyak. Dimulai dari kemudahan yang ditawarkan sehingga konsumen bisa mendapatkan hal yang diinginkannya dengan cepat. Lalu konsumen juga bisa menemukan lebih banyak produk yang ditemukan, dan ditawarkan dengan cepat dan beragam.

    Dengan begitu, maka pilihan untuk konsumen bisa menjadi lebih banyak dan juga lebih lengkap. Lalu konsumen bisa dengan mudah mengakses halaman sebuah perusahaan untuk mencari tahu kredibilitas yang dimilikinya.

    Baca Juga: [Penjelasan Lengkap] Perbedaan MLM dan Skema Ponzi

    Karena banyaknya keuntungan dan juga manfaat yang ditawarkan oleh bisnis digital ini, maka tidak ada salahnya untuk perlahan mulai berpindah dari bisnis konvensional menjadi bisnis ini. Karena keuntungan yang diberikan juga jauh lebih besar, dan kemudahan yang ditawarkan sangat membantu jalannya usaha.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel