Pengertian Studi Kelayakan Bisnis: Tujuan, Syarat, Aspek, Contoh, dan Manfaat

pengertian studi kelayakan bisnis

Tidak semua orang yang terjun dalam bidang bisnis selalu melakukan studi kelayakan bisnis. Cukup dimaklumi saja, pasalnya melakukan studi kelayakan bisnis itu ada caranya. Dan itu sudah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara melakukan studi kelayakan bisnis, aspek aspek studi kelayakan bisnis, tujuan studi kelayakan bisnis, dan manfaat studi kelayakan bisnis.

Namun tanpa kita sadari, masih banyak orang yang tidak tahu pengertian studi kelayakan bisnis. Ya memang, ini sedikit ironi. Pasalnya dengan mengetahui dasar dasar studi kelayakan bisnis, kita bisa membuat rencana bisnis kita menjadi lebih matang dan tentunya lebih menghasilkan.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis 

 
Studi kelayakan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan sebelum mengambil keputusan bisnis, berupa riset atau penelitian di berbagai aspek yang kemudian menjadi landasan pengambilan keputusan bisnis dalam rangka mengetahui layak atau tidaknya bisnis tersebut.

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, kita dituntut untuk:

  • Mempelajari secara mendalam mengenai suatu bisnis, melalui data atau informasi yang kemudian diukur, dihitung, dan dianalisis.
  • Mengumpulkan data yang valid sebelum melakukan studi atau riset mengenai suatu bisnis.
  • Memperluas jaringan sebelum mengambil sebuah keputusan.
  • Dan melakukan analisis mengenai apakah bisnis tersebut layak atau tidak.
Studi kelayakan bisnis dimaksudkan untuk membuat pengusaha atau diri kita menjadi tahu mengenai prospek kedepannya mengenai bisnis yang kita jalani. Kegiatan ini sangat penting dilakukan supaya kita tidak salah langkah dalam pengambilan keputusan, yang nantinya malah membuat bisnis kita merugi atau bahkan bangkrut.

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, kita tidak boleh sembarangan. Pasalnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hendak membuat studi kelayakan bisnis. Setidaknya ada 6 hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan studi kelayakan bisnis. Berikut ini adalah daftarnya:
  1. Deskripsi bisnis
  2. Keperluan teknologi
  3. Deskripsi pasar
  4. Struktur organisasi
  5. Informasi mengenai finansial tersebut
  6. Kesimpulan bagaimana cara bisnis agar berkembang

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

 
Apa yang kita lakukan dengan studi kelayakan bisnis pasti memberikan manfaat buat bisnis kita. Ya, manfaat tersebut bisa kita rasakan secara langsung atapun tidak langsung. Bahkan anda tidak akan mendapatkan manfaat secara langsung apabila kita belum melakukan studi kelayakan bisnis.

Manfaat utama dari studi kelayakan bisnis adalah membuat plan atau rencana sebelum menjalankan bisnis supaya bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar. Ternyata manfaatnya tidak sebatas itu saja loh. Berikut ini adalah keuntungan atau manfaat ynag kita peroleh dari melakukan studi kelayakan bisnis:
  • Merencanakan bisnis dengan mudah
  • Dapat mengurangi resiko kerugian
  • Mempermudah pengendalian dan pengontrolan dalam bisnis
  • Mempermudah pelaksanaan pekerjaan atau job desc
  • Dapat mempermudah pengawasan

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi artikel sebelumnya yang telah membahas mengenai manfaat studi bisnis untuk kepentingan bisnis. Dijamin setelah anda membacanya, anda akan mulai sadar bahwasannya studi kelayakan bisnis itu bukan hanya sebatas formalitas saja. Tapi juga sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh pengusaha.

Demikian adalah pengertian studi kelayakan bisnis yang bisa anda lakukan. Memang tidak sembarang orang bisa melakukan studi kelayakan bisnis dengan benar. Tapi paling tidak, studi ini dilakukan oleh CEO atau pendiri usaha itu sendiri. Kenapa? Karena agar mereka bisa mengetahui secara langsung kondisi pasar yang ada di depan matanya.


Baca Juga: 

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis itu Apa Sih? 

Cara Membuat Studi Kelayakan Bisnis yang Benar 

Contoh Studi Kelayakan Bisnis untuk UMKM dan UKM 

Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Studi Kelayakan Bisnis: Tujuan, Syarat, Aspek, Contoh, dan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel