Perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga menjadi pertanyaan yang menarik untuk dibahas. Berikut ini adalah ulasannya.

    Perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga

    Diantara kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan pendidikan jasmani (penjas) dan olahraga. Tapi ternyata, keduanya berbeda loh. Ada beberapa perbedaan yang mendasari keduanya sehingga kedua istilah ini saling terhubung satu sama lain. Berikut ini adalah perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga yang wajib kamu ketahui.

    Apa Sih Perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga ?

    Sebelum langsung membahas mengenai perbedaan antara keduanya, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu definisi pendidikan jasmani dan olahraga. Pengertian ini diambil dari pemahaman penulis terhadap keduanya.

    Setelah mengetahui, diharapkan kamu akan memiliki sedikit pandangan antara kedua bidang ini. Pasalnya kedua bidang ini meskipun mirip, ternyata ada perbedaannya loh. Sehingga nantinya kamu tidak salah menyebutkan antara keduanya.

    Pengertian Pendidikan Jasmani

    Pendidikan Jasmani adalah suatu proses terjadinya adaptasi dan pembelajaran secara organik, neuromuscular, intelektual, sosial, kultural, emosional, dan estetika yang dihasilkan dari proses pemilihan berbagai aktivitas jasmani.

    Sedangkan definisi lain penjas atau pendidikan jasmani adalah kegiatan pendidikan yang melibatkan aktivitas tubuh dan badan. Jadi intinya adalah penjas akan didampingi oleh guru penjas yang dimana dapat memandu kita untuk mendapatkan kebugara tubuh dari latihan jasmani.

    Poin yang Membedakan Pendidikan Jasmani dengan Olahraga

    • Peserta pendidikan jasmani itu bersifat Heterogen. Karena tujuan utama dari pendidikan jasmani itu adalah untuk melatih kebugaran, bukan keterampilan.
    • Tujuan dari penjas itu untuk mencapai tujuan pendidikan. Tidak mengharuskan pesertanya meraih prestasi setinggi tingginya.
    • Pendidikan jasmani berorientasi kepada kebutuhan dan perkembangan dari setiap peserta didik.
    • Semua aktivitas gerak termasuk ke dalam olahraga.
    • Waktu pelaksanaan olahraga ditentukan oleh waktu jumlah jam tiap pertemuan.
    • Guru berperan sebagai subjek.

    Pengertian Olahraga

    Olahraga adalah suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Selain itu, tujuan olahraga adalah untuk mendapatkan kesenangan, mengisi waktu luang, melatih otot, melatih alat gerak, dan lain sebagainya.

    Sebenarnya pengertian olahraga itu ada 2, yaitu dari kata bahasa Indonesia dan kata Sport. Olahraga dari bahasa Indonesia adalah latihan gerak yang bertujuan untuk menyehatkan dan menguatkan tubuh. Sedangkan olahraga dari kata Sport adalah kegiatan yang mendorong pengembangan potensi dalam bentuk permainan, pertandingan, prestasi, meningkatkan kemampuan gerak, memperoleh kesenangan, dan lain sebagainya.

    Poin yang Membedakan Olahraga dengan Pendidikan Jasmani

    • Peserta bersifat homogen. Hanya peserta tertentu yang memiliki keahlian tertentulah yang bisa mengikuti program olahraga. Karena tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan prestasi di bidang itu.
    • Tujuan utama dari olahraga itu untuk mendapatkan prestasi setinggi tingginya. Karena nantinya peserta akan mengikuti kompetesi atau perlombaan.
    • Orientasi utama adalah pada program latihan yang dilakukan oleh pelatih.
    • Materi olahraga yaitu lebih spesifik atau sesuai dengan cabang olahraga yang kamu ikuti.
    • Waktu tidak dibatasi, tapi tetap diatur oleh pelatih supaya tidak terlalu berlebihan ataupun terlalu sedikit.
    • Pelatih sebagai subjek. Kemampuan pelatih jauh lebih besar ketimbang guru pendidikan jasmani biasa.

    Kesimpulan

    Di atas adalah perbedaan pendidikan Jasmani dan Olahraga. Patutnya kita bisa membedakan antara kedua kata ini, karena penggunaannya saja sudah berbeda. Adapun kesamaan dari pendidikan jasmani dan olahraga ialah untuk memperoleh kebugaran dan kesehatan tubuh. Cuman pendidikan jasmani berfokus untuk mengenalkan berbagai macam praktek olahraga. Dan olahraga hanya berfokus pada cabang olahraga yang kita geluti dengan tujuan meraih prestasi ketika di perlombaan nantinya.
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel