Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dan Cara Membuatnya

Ingin bisa membuat surat rekomendasi beasiswa dengan benar? Perhatikanlah tutorial berikut ini.

    Surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang menyatakan bahwa nama yang terlampir di dalam surat itu layak untuk mendapatkan beasiswa. Surat rekomenadsi ini biasanya dikeluarkan oleh suatu institusi seperi sekolah atau kampus guna mengajukan beasiswa ke institusi lain. Surat ini menjadi bukti tertulis dari pihak kampus atau sekolah yang disahkan oleh mereka.

    Rekomendasi beasiswa selalu ada di setiap pengajuan beasiswa. Untuk mendapatkan surat ini, kamu bisa memintanya ke kepala sekolah, dosen, atau atasan tempat kamu bekerja. Hal ini dimaksudkan agar pemberi beasiswa percaya bahwasannya kamu lah orang yang benar benar layak untuk mendapatkan beasiswa. 

    Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa yang Sederhana

    contoh surat rekomendasi beasiswa

    Di atas adalah contoh surat rekomendasi beassiwa yang sangat mudah untuk dibuat. Contoh tersebut masihlah sangat sederhana. Supaya menambah keyakinan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat sebagai penerima beasiswa, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

    Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa

    Perhatikanlah hal hal berikut ini supaya kamu berpeluang besar untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Berikut ini adalah hal hal yang wajib diperhatikan:

    Data Lengkap dan Jelas

    Masukanlah data kamu secara lengkap, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, jurusan, program studi, fakultas, semester, dan tahun ajaran. Pastikan data yang kamu isikan tersebut benar benar jujur dan bisa dipertanggung jawabkan. 

    Penjelasan

    Berikanlah sedikit deskripsi dan penjelasan mengenai beasiswa yang hendak kamu dapatkan. Deskripsi ini bersifat meminta kepada pemberi beasiswa untuk menerima kamu. Tapi jangan gunakan bahasa yang alay ya.
     

    Motivasi

    Jangan lupa tuliskan motivasi kamu dalam mendapatkan beasiswa tersebut. Biasanya motivasi ini terpisah dengan surat rekomendasi, jadi ada essai nya tersendiri untuk motivasi. Tapi tak ada salahnya untuk mencipratkan sedikit motivasi kamu ke dalam surat rekomendasi.

    Kemampuan

    Supaya pemberi beasiswa semakin yakin dengan kamu, maka kamu harus memaparkan kemampuan apa saja yang kamu miliki. Pastikan kemampuan kamu harus selaras dengan rekomendasi beasiswa yang kamu ajukan.

    Prestasi

    Tak ada salahnya untuk sedikit pamer. Dengan menambahkan prestasi apa saja yang kamu miliki, niscaya pemberi beasiswa akan terbius dengan kamu. Mereka akan semakin yakin bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dalam mendapatkan beasiswa. Bagaimana jika tidak memiliki prestasi? Tidaklah mengapa, yang terpenting motivasi dan alasan kamu kuat.
     

    Susunan dalam Surat Rekomendasi Beasiswa

    Ada beberapa susunan yang wajib ada disetiap kali kamu mengajukan surat rekomendasi beasiswa ke luar. Berikut ini adlaah susunannya.
    • Kop Surat
    • Judul Surat [SURAT REKOMENDASI]
    • Tanggal dan Nomor Surat
    • Biodata
    • Isi Surat
    • Penutup
    • Tanda Tangan dan Stempel
    Nah demikian adalah contoh surat rekomendasi beasiswa yang harus kamu perhatikan. Dengan mengikuti kaidah pengisian yang benar dalam menulis surat rekomendasi pengajuan beasiswa, diharapkan kamu bisa menjadi kandidat yang terpilih saat mengajukan beasiswa.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel